Studi Deskriptif Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Tingkat SMA Kelas XI Selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4420514Keywords:
penjasorkes, pandemic, covid-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah tingkat SMA kelas XI pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan secara daring atau jarak jauh, karena pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Peneliti ingin mengetahui bagaimana jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara daring di sekolah kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah wawancara kepada siswa. Penelitian dilakukan dalam waktu 2 bulan selama masa pandemi Covid-19 Bulan Mei hingga Juli 2020. Hasil dari penelitian ini cukup beragam, dari hasil angket sebesar 93,7% proses KBM Penjasorkes tetap berjalan, dan sisanya 6,3% KBM penjas tidak terlaksana. Penggunaan kelas online khusus mata pelajaran penjasorkes sebesar 75% dan sisanya 25% tidak menggunakan kelas online khusus Penjasorkes. Media online yang paling banyak digunakan adalah Google Classroom sebesar 62,3% siswa menggunakan media tersebut. Selanjutnya adalah data hasil wawancara sebesar 56,3% para siswa menyatakan bahwa KBM Penjasorkes secara daring tidak efektif dan sisanya 44,7% menyatakan efektif.
Downloads
References
Chen, C. K., & Almunawar, M. N. (2019). Cloud Learning Management System in Higher Education. September 2015, 29–51. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7473-6.ch002
Fonseca, K. A. B, & Peralta, F. S. (2019). An Effective Virtual Platform to Teach Writing in an EFL Composition Course. International Journal of English Language Teaching, 6(1), 27. https://doi.org/10.5430/ijelt.v6n1p27
Hartono, T. (2020). Zoom Meeting : Definisi Hingga Cara Menggunakan Aplikasi Zoom. Available at : https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/
Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Kemenkes. (2020). Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jakarta : Kementerian Kesehatan RI
Kumar, N., & Sharma, S. (2017). Survey Analysis on the usage and Impact of Whatsapp Messenger. Global Journal of Enterprise Information System, 8(3), 52. https://doi.org/10.18311/gjeis/2016/15741
Nguyen, V. A. (2017). The Impact of Online Learning Activities on Student Learning Outcome in Blended Learning Course. Journal of Information and Knowledge Management, 16(4). https://doi.org/10.1142/S021964921750040X
Piyana, P. D., Subekti, M., & Santika, . I. G. P. N. A. (2020). Pelatihan Hanging Leg Raise Terhadap Kekuatan Otot Perut. PENJAGA : Pendidikan Jasmani &Amp; Olahraga, 1(1), 7–11. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/58
Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., & Subekti, M. (2020). Training Of Run Star For Agility Volleyball Athlete Junior High School 2 Denpasar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 128-141. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1137
Sudjana, Nana, & Ibrahim. (1989). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Sinar Baru
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta
Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas XI TSM SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
UNESCO. (2020). Webinar : A new world for teachers, education’s frontline workers. https://en.unesco.org/news/Covid-19-webinar-new-worldteachers-educations-frontline-workers
Woods, J. A., Hutchinson, N. T., Powers, S. K., Roberts, W. O., Gomez-Cabrera, M. C., Radak, Z., Berkes, I., Boros, A., Boldogh, I., Leeuwenburgh, C., Coelho-Júnior, H. J., Marzetti, E., Cheng, Y., Liu, J., Durstine, J. L., Sun, J., & Ji, L. L. (2020). The COVID-19 pandemic and physical activity. Sports Medicine and Health Science, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.1016/j.smhs.2020.05.006
Wuest, D. A., & Bucher, C. (2005). No Foundations of Physical Education, Exercise Science and Sport (FOUNDATIONS OF PHYSICAL EDUCATION AND SPORT)Title
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. WELLNESS AND HEALTHY MAGAZINE, 2(February), 124–137
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only