Studi Deskriptif Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Tingkat SMA Kelas XI Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Galang Sulaksono Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Arif Wibowo Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4420514

Keywords:

penjasorkes, pandemic, covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah tingkat SMA kelas XI pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan secara daring atau jarak jauh, karena pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Peneliti ingin mengetahui bagaimana jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara daring di sekolah kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah wawancara kepada siswa. Penelitian dilakukan dalam waktu 2 bulan selama masa pandemi Covid-19 Bulan Mei hingga Juli 2020. Hasil dari penelitian ini cukup beragam, dari hasil angket sebesar 93,7% proses KBM Penjasorkes tetap berjalan, dan sisanya 6,3% KBM penjas tidak terlaksana. Penggunaan kelas online khusus mata pelajaran penjasorkes sebesar 75% dan sisanya 25% tidak menggunakan kelas online khusus Penjasorkes. Media online yang paling banyak digunakan adalah Google Classroom sebesar 62,3% siswa menggunakan media tersebut. Selanjutnya adalah data hasil wawancara sebesar 56,3% para siswa menyatakan bahwa KBM Penjasorkes secara daring tidak efektif dan sisanya 44,7% menyatakan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, C. K., & Almunawar, M. N. (2019). Cloud Learning Management System in Higher Education. September 2015, 29–51. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7473-6.ch002

Fonseca, K. A. B, & Peralta, F. S. (2019). An Effective Virtual Platform to Teach Writing in an EFL Composition Course. International Journal of English Language Teaching, 6(1), 27. https://doi.org/10.5430/ijelt.v6n1p27

Hartono, T. (2020). Zoom Meeting : Definisi Hingga Cara Menggunakan Aplikasi Zoom. Available at : https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Kemenkes. (2020). Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jakarta : Kementerian Kesehatan RI

Kumar, N., & Sharma, S. (2017). Survey Analysis on the usage and Impact of Whatsapp Messenger. Global Journal of Enterprise Information System, 8(3), 52. https://doi.org/10.18311/gjeis/2016/15741

Nguyen, V. A. (2017). The Impact of Online Learning Activities on Student Learning Outcome in Blended Learning Course. Journal of Information and Knowledge Management, 16(4). https://doi.org/10.1142/S021964921750040X

Piyana, P. D., Subekti, M., & Santika, . I. G. P. N. A. (2020). Pelatihan Hanging Leg Raise Terhadap Kekuatan Otot Perut. PENJAGA : Pendidikan Jasmani &Amp; Olahraga, 1(1), 7–11. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/58

Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., & Subekti, M. (2020). Training Of Run Star For Agility Volleyball Athlete Junior High School 2 Denpasar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 128-141. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1137

Sudjana, Nana, & Ibrahim. (1989). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Sinar Baru

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta

Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas XI TSM SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

UNESCO. (2020). Webinar : A new world for teachers, education’s frontline workers. https://en.unesco.org/news/Covid-19-webinar-new-worldteachers-educations-frontline-workers

Woods, J. A., Hutchinson, N. T., Powers, S. K., Roberts, W. O., Gomez-Cabrera, M. C., Radak, Z., Berkes, I., Boros, A., Boldogh, I., Leeuwenburgh, C., Coelho-Júnior, H. J., Marzetti, E., Cheng, Y., Liu, J., Durstine, J. L., Sun, J., & Ji, L. L. (2020). The COVID-19 pandemic and physical activity. Sports Medicine and Health Science, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.1016/j.smhs.2020.05.006

Wuest, D. A., & Bucher, C. (2005). No Foundations of Physical Education, Exercise Science and Sport (FOUNDATIONS OF PHYSICAL EDUCATION AND SPORT)Title

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. WELLNESS AND HEALTHY MAGAZINE, 2(February), 124–137

Published

2021-01-26

How to Cite

Sulaksono, G., & Wibowo, A. (2021). Studi Deskriptif Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Tingkat SMA Kelas XI Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.5281/zenodo.4420514