Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4420492Keywords:
model pemanasan, permainan kecil, PJOKAbstract
Pembelajaran yang kurang efektif sering kali didapatkan oleh siswa, seperti pemanasan yang diberikan oleh guru yang terlalu monoton tanpa kreativitas. Untuk menghadirkan proses pembelajaran yang efektif guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan model pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pengambangan produk bahan ajar berupa pedoman pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi khususnya pada siswa SMA Al Islam Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa buku ajar berbentuk model permainan sebagai pengantar pembelajaran PJOK valid dan layak digunakan. Selain itu, produk yang telah dihasilkan memenuhi beberpaa aspek yaitu menarik, mudah, dan nyaman. Selanjutnya, model pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan siswa lebih senang dalam melakukan aktifitas pembelajaran PJOK.
Downloads
References
Kemenkes. (2013). Pedoman Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Didik Melalui Upaya Kesehatan Sekolah
Leavitt, M. O. (2008). 2008 Physical Activity Guidelines for Americans. Retrieved October 19, 2019, from Department of Health and Human Services. USA website : https://health.gov/sites/default/files/2019-09/paguide.pdf
Lutan, R. (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jendral Olahraga
Mutohir, T. C., Muhyi, M. F., & Fenanlampir, A. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga, Berolahraga dengan Berkarakter. Surabaya : Sport Media Java Pustaka
Nurhasan. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang sehat Jasmani dan Rohani). Surabaya : Unesa University Press
Park, Y., & Moon, J. (2018). Effects of early morning physical activity on elementary school students’ physical fitness and sociality. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 441–447. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438134
Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., & Subekti, M. (2020). Training Of Run Star For Agility Volleyball Athlete Junior High School 2 Denpasar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 128-141. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1137
Santika, I. G. P. N. A, & Subekti, M. (2020). Korelasi Kecepatan Lari dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kelincahan Siswa. Jurnal Adiraga, 6(2), 01-09. https://doi.org/10.36456/adiraga.vol6.no2.a2723
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sahroni, B., & Hartati, S. C. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05, 279–285. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21255/19490
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta : Prenada Media Group
Sanchez, E. D. la C., Ortega, J. P., Suarez, A. D., & Cerezo, C. R. (2011). Physical fitness affects perceived value of Physical Education classes in children. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.342
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang : PT. Kharisma Putra Utama
Sharkey, B. J. (2003). Kebugaran dan Kesehatan. Terjemahan oleh Eri Desmarini Nasution. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Thomas, K. T., Lee, A. M., & Thomas, J. R. (2003). Physical Education Methods for Elementary Teachers. Champaign : Human Kinetics
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta : Bumi Aksara
Winarno, M. . (2007). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only