Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo

Authors

  • Al Amin Prodi Pendidikan Jasmani Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Muhyi Prodi Pendidikan Jasmani Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yoso Wiyarno Prodi Pendidikan Jasmani Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4420492

Keywords:

model pemanasan, permainan kecil, PJOK

Abstract

Pembelajaran yang kurang efektif sering kali didapatkan oleh siswa, seperti pemanasan yang diberikan oleh guru yang terlalu monoton tanpa kreativitas. Untuk menghadirkan proses pembelajaran yang efektif guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan model pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pengambangan produk bahan ajar berupa pedoman pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi khususnya pada siswa SMA Al Islam Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa buku ajar berbentuk model permainan sebagai pengantar pembelajaran PJOK valid dan layak digunakan. Selain itu, produk yang telah dihasilkan memenuhi beberpaa aspek yaitu menarik, mudah, dan nyaman. Selanjutnya, model pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan siswa lebih senang dalam melakukan aktifitas pembelajaran PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenkes. (2013). Pedoman Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Didik Melalui Upaya Kesehatan Sekolah

Leavitt, M. O. (2008). 2008 Physical Activity Guidelines for Americans. Retrieved October 19, 2019, from Department of Health and Human Services. USA website : https://health.gov/sites/default/files/2019-09/paguide.pdf

Lutan, R. (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jendral Olahraga

Mutohir, T. C., Muhyi, M. F., & Fenanlampir, A. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga, Berolahraga dengan Berkarakter. Surabaya : Sport Media Java Pustaka

Nurhasan. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang sehat Jasmani dan Rohani). Surabaya : Unesa University Press

Park, Y., & Moon, J. (2018). Effects of early morning physical activity on elementary school students’ physical fitness and sociality. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 441–447. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438134

Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., & Subekti, M. (2020). Training Of Run Star For Agility Volleyball Athlete Junior High School 2 Denpasar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 128-141. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1137

Santika, I. G. P. N. A, & Subekti, M. (2020). Korelasi Kecepatan Lari dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kelincahan Siswa. Jurnal Adiraga, 6(2), 01-09. https://doi.org/10.36456/adiraga.vol6.no2.a2723

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sahroni, B., & Hartati, S. C. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05, 279–285. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21255/19490

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta : Prenada Media Group

Sanchez, E. D. la C., Ortega, J. P., Suarez, A. D., & Cerezo, C. R. (2011). Physical fitness affects perceived value of Physical Education classes in children. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.342

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang : PT. Kharisma Putra Utama

Sharkey, B. J. (2003). Kebugaran dan Kesehatan. Terjemahan oleh Eri Desmarini Nasution. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Thomas, K. T., Lee, A. M., & Thomas, J. R. (2003). Physical Education Methods for Elementary Teachers. Champaign : Human Kinetics

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta : Bumi Aksara

Winarno, M. . (2007). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Published

2021-01-26

How to Cite

Amin, A., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2021). Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 66-73. https://doi.org/10.5281/zenodo.4420492