Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh pada Mahasiswa Semester V A, B dan C Tahun 2019/2020 Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali

Authors

  • Komang Ayu Tri Widhiyanti Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Ariawati Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Ary Rusitayanti Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4432323

Keywords:

tingkat kebugaran jasmani, indeks massa tubuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani berdasarkan indeks massa tubuh pada mahasiswa semester V A,B dan C tahun 2019/2020 Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali. Penelitian dilakukan dengan melakukan tes kebugaran jasmani dan tes antropometri pada mahasiswa semester V A,B dan C tahun 2019/2020 Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan persentase untuk menggambarkan frekuensi dan persentase dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menyatakan bahwa 42% siswa memliki indeks massa tubuh yang kurang, 35% siswa memiliki indeks massa tubuh normal, dan 23% siswa memiliki indeks massa tubuh gemuk. Sedangkan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa menunjukkan 43% kurang, 30% sedang, dan 27% baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani dan indeks massa tubuh pada mahasiswa semester V A,B dan C tahun 2019/2020 Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. P. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana Universiti Press

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Ariani, A. P. (2017). Ilmu Gizi. Yogyakarta : Nuha Medika

Arsil. (2010). Evaluasi Penjas Dan Olahraga. Padang

Departemen Kesehatan RI. (2006). Petunjuk Teknis Pengukuran Kebugaran Jasmani. Jakarta

Depdiknas. 2006. Permendiknas.No.22 tentang Tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan. Jakarta: Depdiknas

I Gusti Putu Ngurah Adi Santika & I Kadek Yudha Pranata. (2010). Efektifitas Pelatihan Jogging Sprint Combination Terhadap Tingkat Kadar Lemak Siswa. Prosiding Seminar IPTEK Olahraga (SENALOG), 3(1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/1083

Mulyanto, R. (2014). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung : UPI

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta

Santika, I. G. P. N. A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 42-47. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/6

Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221

Santika, I. G. P. N. A, Pranata, I. K. Y., & Festiawan, R. (2020). The Effectiveness of Jogging Sprint Combination Training on Students Fat Levels. Journal of Physical Education Health and Sport, 7(2), 43-48. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/27020

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suharjana. (2008). Pendidikan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta : FIK UNY

Published

2021-01-26

How to Cite

Widhiyanti, K. A. T. ., Ariawati, N. W., & Rusitayanti, N. W. A. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh pada Mahasiswa Semester V A, B dan C Tahun 2019/2020 Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 122-129. https://doi.org/10.5281/zenodo.4432323