Pengaruh Model Latihan Voli Gantung Terhadap Peningkatan Motivasi Anak Bermain Bolavoli

Authors

  • Gede Hendri Ari Susila STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3911136

Keywords:

latihan, voli gantung, motivasi, anak, bolavoli

Abstract

Rendahnya motivasi dan penguasaan teknik dasar bolavoli pada anak-anak merupakan inti
dari permasalahan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan voli gantung terhadap peningkatan motivasi anak berlatih bolavoli. Penelitian ini
menggunakan rancangan penelitan pra-experimental, yaitu rancangan pretest dan posttest
dalam satu kelompok. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok anakanak usia 8-12 tahun dilingkungan lapangan bolavoli club Jinengmas sebanyak 20 anak.
Penelitian ini dilakukan selama 18 kali pertemuan dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu
dalam 6 minggu. Instrumen tes penelitian ini menggunakan instrumen voli gantung. Hasil
dari rata-rata pretest adalah 2.0145 dan untuk hasil dari rata-rata posttest adalah 2.201. Data
yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t paired t-test. Hasil dari analisis paired t-test adalah 0,000<0.05. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada latihan voli gantung terhadap peningkatan motivasi kelompok anak Jinengmas berlatih bolavoli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Hudri, Alman. 2011. “Teknik dan Strategi Permainan Bolavoli”. Makalah disajikan dalam Training for Trainner (TFT). KONI Kabupaten Buleleng. Singaraja, 19-22 Januari 2011.

Kuhne, T. 2005. What is model. Makalah disajikan pada Dougstuhl Proceedings di Jerman. Diambilpada tanggal 10 Juli 2013, dari http://drops.dagstuhl.de/opus/volltexte/2005/23

Musfiroh. 2008. Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligence pada anak sejak usia dini. Jakarta : PT. Grasindo.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru (2rd ed.) Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. pendekatan kualitatif, kuantatif dan R & D. Bandung : ALFABETA.

Upton, P. 2012. Psikologi perkembangan. (Terjemahan Noermala Sari Fajar Widuri). Jakarta : Erlangga.

Wasis D. Dwiyogo. 2009. Olahraga dan pembangunan. Malang : Wineka Media.

Published

2020-06-30

How to Cite

Susila, G. H. A., & Laksana, A. A. N. P. (2020). Pengaruh Model Latihan Voli Gantung Terhadap Peningkatan Motivasi Anak Bermain Bolavoli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 226 -. https://doi.org/10.5281/zenodo.3911136

Issue

Section

Articles