Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262Keywords:
pandemi covid-19, pembelajaran daringAbstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu proses interaksi pendidik dengan peserta didik, baik interaksi langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dalam aplikasi web). Di tengah pandemi covid-19 kegiatan belajar mengajar disarankan menggunakan model pembelajaran daring. Tidak semua metode pembelajaran daring dapat digunakan pada proses pembelajaran pendidikan jasmani yang berkaitan dengan aspek psikomotor (gerak) yang bersifat praktikum. Metode yang memiliki aplikasi video dapat digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.
Downloads
References
Abduh I. 2016. Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Pada Siswa Kelas V Sdn No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. E-Journal Physical Education, Healt and Recreation. ISSN 2337-4535. (4). 1.
Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 131.
Firdian, S.R. 2014. Penerapan media bola karet untuk meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli siswa kelas v Sd negeri 48 Pagar Alam. Skripsi. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Hendra Setyawan, Dimyati. 2015. Model Permainan Aktivitas Luar Kelas untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa SMA. Jurnal Keolahragaan. Volume 3. Nomor 2. September 2015.
Herawan AH. 2013. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Hasil Kemampuan Servis Atas Sepak Takraw Pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Mta Surakarta Tahun 2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. FKIP. Universitas
Sebelas Maret. Surakarta.
Hidayat K. 2011. Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. FIK. Universitas Negeri Semarang.
Iqbal M, et all. 2019. Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Jurnal Kelitbangan. Vol.7, No.2 hal 135-148.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CORONAVIRUS DISESASE (Covid-19).
Kuntarto E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3 No. 1 hal 99-110.
Kuswoyo, CY. 2013. Meningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola berantai pada Siswa kelas V SD Negeri Tengaran 01 kec.Tengaran kab. Semarang Tahun 2013. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Priana R.Y.S. 2017. Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017 ISBN 978-602-19411-2-6.
Purwanto A, et all. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCouns. Vol.2, No. 1.
Rimbarizki R dan Susilo H. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal Unesa Vol.6 No.2 hal 1-12.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Grasindo.
Sabron A.n, et all. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 1 No. 2 hal. 30-38.
Sumbodo PP. 2016. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas XI TSM Smk Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. FKI. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Subarjah H. Modul 1, Asas Pendidikan Jasmani, available from : www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/uploads/pdfmk/PDGK420802-M1.html. Diakses pada tanggal 19 April 2020.
Sukintaka. 2001. Teori Pendidikan Jasmani. Solo : ASA grafika.
Suprijono A. 2009. Kumpulan Metode Pembelajaran, Cooperatif Leaning. http://history22education.wordpress.html. Diakses pada tanggal 19 April 2020.
Tajamuki AG. 2016. Permainan Dalam Ranah Afektif (Kerjasama dan Tanggung Jawab) Dalam
Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional peran pendidikan jasmani dalam menyangga interdisipliner ilmu keolahragaan. Universitas Negeri Malang.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Winataputra, U.S. 2005. Mengajar di Perguruan Tinggi : Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Yanti MT, et all. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar Vol.5 No.1 hal 61-68.
Yudhi A dan Amalia N. 2018. Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal Basatra. Vol.7 No.1.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only