Penerapan Model Pembelajaran CTL yang diberi Penekanan pada Komponen Inkuiri dalam Pembelajaran Lay-Up Shoot

Authors

  • I Wayan Merta SMA Negeri 4 Singaraja
  • I Kadek Suardika STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3903068

Keywords:

metode inkuiri, hasil belajar, lay-up shoot

Abstract

Model pembelajaran CTL ini di pilih mengingat hasil belajar PJOK siswa kelas X-IPS 1 SMA
Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 pada awalnya masih rendah yaitu mencapai nilai rata-rata 69. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay-up shoot, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CTL yang di beri penekanan pada komponen inkuiri. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Pencapaian tingkat ketuntasan kompetensi dasar lay-up shoot dikonversikan dengan penguasaan tingkat kompetensi mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berlaku di SMA Negeri 4 Singaraja. Dengan berdasarkan akumulasi nilai aspek psikomotor, aspek kognitif, dan aspek afektif yang diperoleh pada siklus I dan II, setelah di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif, secara klasikal diperoleh nilai ketuntasan 95% atau berada pada predikat dengan nilai A (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL yang diberi penekanan pada komponen inkuiri sangat efektif dan mendapat respon yang positif sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar lay-up shoot pada permainan bola basket pada siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta : Era Intermedia.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching And Learning. Bandung : MLC.

Kanca, I Nyoman. 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Kunandar. 2007. Guru professional Implentasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktif, Konsep, Landasan

Teoritis Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

------, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Prenada Media.

Published

2020-06-30

How to Cite

Merta, I. W., & Suardika, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran CTL yang diberi Penekanan pada Komponen Inkuiri dalam Pembelajaran Lay-Up Shoot. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 218 -. https://doi.org/10.5281/zenodo.3903068

Issue

Section

Articles