Implementasi Model Pembelajaran Numered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bola Basket Bernuansa Budaya Lokal
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3890794Keywords:
NHT, aktivitas, hasil belajar dan bolabasketAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting
bola basket yang bernuansa budaya lokal melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT) pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan guru sebagai peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 33 orang (17 laki-laki dan, 16 perempuan). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar shooting bola basket secara klasikal sebesar 5.4 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 6,76 (aktif) dan meningkat menjadi 9 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar pada observasi awal sebesar 36%, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting bola basket.
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Departemen
Pendidikan Nasional.
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Haryati, M. 2007. Model dan Teknik
Penilaian pada Tingkat Satuan
Pendidikan.Jakarta : Gaung Persada
Press.
Kanca, I.N. 2010. Metode Penelitian
Pengajaran Pendidikan Jasmani
Dan Olahraga. Singaraja :
Universitas Pendidikan Ganesha.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas sebagai
Pengembangan Profesi Guru.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:
Erlangga
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran
Konteksstual dan Penerapannya
DalamKBK. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Paturusi, A. 2012.Manajemen
Pendidikan Jasmani Dan
Olahraga.Jakarta: Rineka cipta.
Permendikbud Nomor 65. 2013. Standar
Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta : Badan Standar
Nasional Pendidikan.
Rosdiani, D. 2012. Model Pembelajaran
Langsung Dalam Pendidikan
Jasmani Dan Kesehatan. Bandung :
ALFABETA.
Safitri, N. E. 2013. Pengaruh Jump
Shoot di dahului Dribble dan
Passing Terhadap Hasil Jump Shoot
pada Tim O2SN Bola Basket Putra
SMK Kota Pekalongan Tahun 2013.
Semarang : Universitas Negeri
Semarang.
Samsudin. 2008. Pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. Jakarta : Prenada Media
Group.
Santyasa dan Sukadi. 2007. ModelModel Pembelajaran Inovatif.
Singaraja : Undiksha.
Sardirman. 2008. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta : PT raja
Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar . Bandung
: Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 1993. Belajar Gerak.
Bandung : Bahan Penataran Pelatih
Bulutangkis Tingkat Dasar Seluruh
Indonesia.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1998.
Perkembangan Dan Belajar
Motorik. Jakarta : Universitas
terbuka.
Sukardjo dan Nurhasan. 1992. Evaluasi
Pengajaran Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan. Surabaya :
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jendral
Pendidikan Panjang Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Trianto. 2007. Model-Model
Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Wiratmaja, I. M. 2015. Implementtasi
Model Pembeljaran Kooperative
Tipe Numbered Head Together
(NHT) untuk Mningkatkan Aktivitas
Hasil Belajar Shooting Bola Basket
Pada Siswa Kelas X 1 SMA
Laboratorium Undiksha Singaraja
Tahun Pelajaran 2014/2015.
Singaraja : STKIP AH Singaraja.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only