Implementasi Model Pembelajaran Numered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bola Basket Bernuansa Budaya Lokal

Authors

  • I Kadek Suardika STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Wayan Merta SMA Negeri 4 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3890794

Keywords:

NHT, aktivitas, hasil belajar dan bolabasket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting
bola basket yang bernuansa budaya lokal melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT) pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan guru sebagai peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 33 orang (17 laki-laki dan, 16 perempuan). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar shooting bola basket secara klasikal sebesar 5.4 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 6,76 (aktif) dan meningkat menjadi 9 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar pada observasi awal sebesar 36%, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar shooting bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar

dan Pembelajaran. Departemen

Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Haryati, M. 2007. Model dan Teknik

Penilaian pada Tingkat Satuan

Pendidikan.Jakarta : Gaung Persada

Press.

Kanca, I.N. 2010. Metode Penelitian

Pengajaran Pendidikan Jasmani

Dan Olahraga. Singaraja :

Universitas Pendidikan Ganesha.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas sebagai

Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani

Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:

Erlangga

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran

Konteksstual dan Penerapannya

DalamKBK. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Paturusi, A. 2012.Manajemen

Pendidikan Jasmani Dan

Olahraga.Jakarta: Rineka cipta.

Permendikbud Nomor 65. 2013. Standar

Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta : Badan Standar

Nasional Pendidikan.

Rosdiani, D. 2012. Model Pembelajaran

Langsung Dalam Pendidikan

Jasmani Dan Kesehatan. Bandung :

ALFABETA.

Safitri, N. E. 2013. Pengaruh Jump

Shoot di dahului Dribble dan

Passing Terhadap Hasil Jump Shoot

pada Tim O2SN Bola Basket Putra

SMK Kota Pekalongan Tahun 2013.

Semarang : Universitas Negeri

Semarang.

Samsudin. 2008. Pembelajaran

Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan. Jakarta : Prenada Media

Group.

Santyasa dan Sukadi. 2007. ModelModel Pembelajaran Inovatif.

Singaraja : Undiksha.

Sardirman. 2008. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta : PT raja

Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar . Bandung

: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 1993. Belajar Gerak.

Bandung : Bahan Penataran Pelatih

Bulutangkis Tingkat Dasar Seluruh

Indonesia.

Sugiyanto dan Sudjarwo. 1998.

Perkembangan Dan Belajar

Motorik. Jakarta : Universitas

terbuka.

Sukardjo dan Nurhasan. 1992. Evaluasi

Pengajaran Pendidikan Jasmani

dan Kesehatan. Surabaya :

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jendral

Pendidikan Panjang Proyek

Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Trianto. 2007. Model-Model

Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Wiratmaja, I. M. 2015. Implementtasi

Model Pembeljaran Kooperative

Tipe Numbered Head Together

(NHT) untuk Mningkatkan Aktivitas

Hasil Belajar Shooting Bola Basket

Pada Siswa Kelas X 1 SMA

Laboratorium Undiksha Singaraja

Tahun Pelajaran 2014/2015.

Singaraja : STKIP AH Singaraja.

Published

2020-06-30

How to Cite

Suardika, I. K., & Merta, I. W. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bola Basket Bernuansa Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 166 -. https://doi.org/10.5281/zenodo.3890794

Issue

Section

Articles