EFEK METODE PASSING DENGAN TEMBOK TERHADAP PENINGKATAN RECEIVE DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW

Authors

  • Moh. Hanafi Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3661573

Keywords:

passing, receive, sepak takraw

Abstract

Bermain Sepak takraw banyak teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemain agar dapat bermain Sepak takraw yang sebenarnya dan dapat dilihat seni-seninya bermain Sepak takraw di antaranya sepak mula (service), smash gulung, smash kedeng, blok, heading, bola pertama (receive). Banyak dari mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan tidak bisa memainkan sepak takraw dengan baik dikarenakan penerimaan bola (Receive) yang sulit dikuasai. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Salah satu ciri penelitian eksperimen adalah adanya perlakukan (treatmen). Berdasarkan metode eksperimen tersebut, maka digunakan rancangan pre test-post test desain group. Penelitian ini menggunakan sampel pembinaan prestasi Sepak takraw Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang dibagi dalam 1 kelompok yang berjumlah 10 orang dengan jenis kelamin laki-laki dengan memberikan latihan receive menggunakan media raket tenis dengan menggunakan uji analisis Paired sample T test. Hasil analisis berdasarkan hasil hitungan analisis ada pengaruh efek metode passing dengan tembok terhadap peningkatan receive dalam bermain sepak takraw. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa kemampuan lebih tinggi pada pretest dibanding posttest dengan tingkat signifikan yang seluruhnya 0,000 (p<0,05). Kemampuan masing-masing individi seteleah diberikan treatment passing dengan tembok dapat meningkatkan receive dalam bermain sepak takraw.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz Abdul Hakim, Sudarso, dan Bulqini Arif. 2007. SepakTakraw. Surabaya : Unesa University Press.
Engel, Rick. 2010. Dasar - dasar Sepak Takraw. Bandung : Pakar Raya.
Hanafi Moh, Aziz Abdul Hakim, dan Bulqini Arif. 2016. Buku Ajar Sepak Takraw. Surabaya : Adi Buana University press.
Herman H. Perbedaan Ketepatan Servis Melalui Latihan Sepak Sila Dan Pantulan Bola Ke Tembok Dalam Permainan Sepak Takraw. Makassar : Universitas Negeri Makasar.
Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya : UNESA Press.
Ramadhan, A. Bulqini, A. 2018. Analisis Receive Pada Pertandingan Final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017. Journal of Sport and Exercise Science, Vol. 1, No. 1.
Darwis, Ratinus dan Dt Penghulu Basa. 1992. Olahraga Pilihan Sepak Takraw. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Published

2020-01-31

How to Cite

Hanafi, M. (2020). EFEK METODE PASSING DENGAN TEMBOK TERHADAP PENINGKATAN RECEIVE DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 44-49. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661573