MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI BOLA KASTI

Authors

  • Arya T. Candra Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Wawan Setiawan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567

Keywords:

hasil belajar, tolak peluru gaya menyamping

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui alat bantu modifikasi bola kasti siswa-siswi kelas VI SDN 4 Sumberberas tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 4 Sumberberas Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga aspek yaitu aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa-siswi kelas VI pada materi pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan nenggunakan alat bantu modifikasi bola kasti di SDN 4 Sumberberas tahun ajaran 2018/2018. Berdasarkan hasil tes aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif pada awal pembelajaran nilai ketuntasan siswa sebesar 34,61% siswa yang mampu melakukan tiga aspek dengan benar, pada siklus I ada peningkatan nilai ketuntasan 53,84% siswa yang mampu melakukan tiga aspek dengan benar dilanjutkan pada siklus II juga meningkat mrnjadi 76,92% siswa yang mampu melakukan tiga aspek yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haliza. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 10 Bombanamelalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan Geografi Vol. 1, No. 1.
Fitriyanto, F. 2016. Peningkatan Kemampuan Tolak Peluru Dengan Pembelajaran Modifikasi Peluru Dari Bola Kasti Pada Siswa Sdn Karang Pelem 1 Sragen Tahun 2016. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Vol. 16, No. 2.
Kristiantono, E. S. 2017. Aplikasi Pembelajaran Bermain Menggunakan Model Aktivitas Sirkuit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas X-I Sma N I Pulokulon. Jurnal Pinus Vol. 3, No. 1.
Saputra, I. 2015. Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan UNIMED Vol. 14, No. 2.
Sultoni, I. 2014. Pengaruh Penerapan Modifikasi Permainan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Tolak Peluru Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Wonoplintahan I/276 Prambon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Vol. 02, No. 01.
Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro Vol.3, No.1.
Sutrisno, V. L. & Siswanto. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 6, No 1.
Widhi, D. S dkk. 2019. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Siswa SMP Kelas IX Jakarta Melalui Metode Pembelajaran Penjas Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Adaptif Vol 2, No. 1.
Wijayanti, N. P., & Dkk. 2014. Kontribusi Power Otot Lengan Dan Otot Tungkai Dengan Hasil Tolak Peluru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fkip Universitas Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Vol. 3 No. 2.

Published

2020-01-31

How to Cite

Candra, A. T., & Setiawan, W. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI BOLA KASTI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 25-30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567