METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA HASIL PEMBELAJARAN PASING BAWAH BOLA VOLI

Authors

  • Edi Irwanto Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puji Setyaningsih Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3661563

Keywords:

pembelajaran, pendekatan langsung, TGT, pasing

Abstract

Pembelajaran pasing bawah bola voli tidak akan berhasil tanpa adanya rencana yang matang dalam proses pembelajaranya. Metode pembelajaran dikembangkan dari adanya perbedaan karakteristik siswa yang bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa. Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran pasing bawah bola voli adalah metode langsung dan metode Teams Game Tournament (TGT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh I. 2016. Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Pada Siswa Kelas V Sdn No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. E-Journal Physical Education, Healt and Recreation. ISSN 2337-4535. (4). 1
Astuty W, et all. 2012. Pengaruh metode pembelajaran dan koordinasi terhadap hasil belajar bolavoli murid SMP 2 Mayongan Jepara tahun 2011/2012. Journal of Physical Education and Sports, (online), PPs Universitas Negeri Semarang.
Herawan AH. 2103. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Hasil Kemampuan Servis Atas Sepak Takraw Pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Mta Surakarta Tahun 2012. Surakarta : Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Hermawanto. 2010. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Kemampuan Smash Normal Pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta : Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Hidayat K. 2011. Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Semarang : Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK Universitas Negeri Semarang.
Irhamy dan Hidayat. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Service Bawah Dan Passing Atas Materi Permainan Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. ISSN 2338-798 (06). 01:30-34
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Joyce, et all. 2009. Model’s of Teaching.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Karim et all. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal Sains Keolahragaan & Kesehatan. Vol. II, No. 1.
Mutohir, T, C, et all. 2012. Konsep teknik strategi dan modifikasi. Surabaya : Graha Media Pustaka Utama.
Riandini dan Mohamad H. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Melalui Permainan Bolavoli Mini. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume (01) 02 : 334-336
Rosdiani. 2012. Model Pembelajaran Lanngsung dalam Penidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : CV. Alfabeta.
Setiawan et all. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. Pontianak : Artikel Penelitian Jurusan Ilmu Keolahragaan FKIP Universitas Tanjungpura.
Slavin R.E. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media.
Suherman, A. 2009. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung : FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Sumbodo PP. 2016. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas XI TSM Smk Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Surakarta : Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKI Universitas Sebelas Maret.
Suprijono A. 2009. Kumpulan Metode Pembelajaran, Cooperatif Leaning available from : http://history22education.wordpress.com, diakses pada tanggal 20 Desember 2019.
Wahyudi dan Hidayat. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe teams games tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Studi Pada Siswa Kelas X Tpm Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. ISSN 2338-798 (02) 01: 6 - 9
Wijatmiko, A. 2012. Upaya peningkatan pembelajaran passing bawah Bolavoli melalui pendekatan bermain melempar Bola pada siswa kelas IV SD Negeri I Kebokura Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun 2011/2012. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Winarno, et all. 2013. Teknik Dasar Bermain Bolavoli. Malang : Fakultas Olaraga Kesehatan Universitas Negeri Malang.

Published

2020-01-31

How to Cite

Irwanto, E., & Setyaningsih, P. (2020). METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA HASIL PEMBELAJARAN PASING BAWAH BOLA VOLI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 9-17. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661563