Analisis Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Karakter Siswa di SMP Darul Ilmi Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v11i1.4417Keywords:
karakter siswa, disiplin, kerja sama, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrakurikuler olahraga terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Darul Ilmi Banyuwangi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei deskriptif, penelitian ini melibatkan 84 siswa populasi dengan 22 siswa kelas VII-A putra sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 31 item terkait ekstrakurikuler olahraga dan 31 item terkait karakter siswa, yang diukur dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (70,6%) terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga, dengan rata-rata skor 102 yang tergolong tinggi. Karakter siswa juga menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata skor 99, mengindikasikan bahwa banyak siswa memiliki karakter yang baik. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang kuat (r = 0,78) dan signifikan (p = 0,001) antara keterlibatan dalam ekstrakurikuler olahraga dan pembentukan karakter siswa. Temuan ini sejalan dengan teori yang menyatakan bahwa olahraga dapat membentuk nilai-nilai moral seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan sportivitas. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan karakter positif, tantangan seperti keterbatasan fasilitas, motivasi individu yang rendah, dan pengelolaan program yang kurang optimal masih menjadi hambatan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan peningkatan variasi kegiatan olahraga, pelatihan bagi guru pembimbing, dan dukungan fasilitas yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas program ekstrakurikuler olahraga dalam pembentukan karakter siswa.
Downloads
References
Ahmad, M., Rahman, F., Ali, M., Rahman, F., & Azad, A. (2019). Effect of extracurricular activity on student’s academic performance. Journal of Armed Forces Medical College Bangladesh, 11(2), 41–46. https://doi.org/10.3329/jafmc.v11i2.39822
Al-Kadri, H., Nellitawati, N., Syahril, S., Ramli, E., Jasrial, J., Susanti, L., … & Ningrum, T. (2020). Analyzing extracurricular program management technical in junior high school. Proceedings of the International Conference. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290899
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bang, H., Chang, M., & Lee, C. (2018). Racial and linguistic status differences in the effect of interscholastic sport participation on school engagement and academic performance among high school students. Psychological Reports, 123(2), 452–471. https://doi.org/10.1177/0033294118813845
Bisa, M. (2023). Sports education as a means of building student character: Values and benefits. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 15(2), 1581–1590. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3889
Camiré, M., & Trudel, P. (2013). Using high school football to promote life skills and student engagement: Perspectives from Canadian coaches and students. World Journal of Education, 3(3), 40–54. https://doi.org/10.5430/wje.v3n3p40
Dolenc, P. (2015). Anxiety, self-esteem, and coping with stress in secondary school students in relation to involvement in organized sports. Slovenian Journal of Public Health, 54(3), 222–229. https://doi.org/10.1515/sjph-2015-0031
Giffari, A. (2023). The correlation between sports extracurricular and social behavior of students in junior high school 1, Jekulo, Kudus. Sports Medicine Curiosity Journal, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/smcj.v2i1.61580
Hao, X., & Yang, Y. (2022). Healthy physical education curriculum model and students’ extracurricular sports participation: Test based on the trans-contextual model of motivation. BMC Public Health, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12889-022-14483-0
Hellison, D. (2003). Teaching responsibility through physical activity. Human Kinetics.
Jamaluddin, J., Syam, S., Saleh, S., & Nasrullah, N. (2021). The influence of extracurricular activities on character building of students of SMPN 22 Makassar. Jurnal Office, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.26858/jo.v7i1.18989
Lickona, T. (2012). Educating for character : How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books
Mulyana. (2017). Improving self-concept through pencak silat learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 180, 012218. https://doi.org/10.1088/1757-899x/180/1/012218
Pramono, H., Nurafiati, S., Rahayu, T., & Sugiharto, S. (2023). The influence of physical education teacher performance on elementary students’ character building. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(1). https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.53359
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan sosial dan pendidikan: Pengantar pedagogik transformatif untuk Indonesia. Jakarta : Grasindo
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wuest, D. A., & Bucher, C. A. (2006). Foundations of physical education, exercise science, and sport. McGraw-Hill
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Muhammad Afif, Danang Ari Santoso, Moh. Agung Setiabudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only