Analisis Keterampilan Sosial Atlet Bulu Tangkis Berdasarkan Perspektif Gender di Klub Bulu Tangkis Jawa Barat

Authors

  • Nastiti Wiji Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudy Hendrayana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Burhan Hambali Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v11i1.4256

Keywords:

bulu tangkis, keterampilan sosial, gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan sosial atlet bulu tangkis di klub bulu tangkis Jawa Barat menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Life Skill Scale for Badminton Sport (LSSBS) dengan 18 item yang telah diuji validitasnya (0,69) dan reliabilitasnya (0,94). Partisipan penelitian yaitu atlet bulu tangkis yang menggunakan kluster sampling, melibatkan 21 atlet perempuan dan 29 atlet laki-laki dengan kriteria inklusif yaitu : 1) atlet yang aktif tergabung dalam klub bulu tangkis di Jawa Barat; 2) atlet bulu tangkis laki-laki maupun perempuan dan 3) sudah berlatih minimal tiga bulan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan independent sampel t-test dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan sosial secara keseluruhan sebesar 14% pada kategori rendah, 64% pada kategori sedang dan 22% pada kategori tinggi. Analisis independent samples t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) = 0,119, yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara keterampilan sosial atlet laki-laki dan perempuan. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar atlet memiliki keterampilan sosial pada kategori sedang, tanpa perbedaan signifikan berdasarkan jenis kelamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahman, B., Hendrayana, Y., & Juliantine, T. (2021). Life Skills Development in Youth through Physical Education and School Sports. International Conference of Sport for Development and Peace. 81–89. http://proceedings.upi.edu/index.php/ICSDP/article/view/2190

Abidin, D. (2024). Peran Olahraga dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Kerja Tim di Tempat Kerja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5215–5220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27821

Cabello-Manrique, D., Lorente, J. A., Padial-Ruz, R., & Puga-González, E. (2022). Play Badminton Forever: A Systematic Review of Health Benefits. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15), 9077. https://doi.org/10.3390/ijerph19159077

Cohen, Caroline, Baptiste Darbois Texier, David Quéré, and Christophe Clanet. 2015. “The Physics of Badminton. New Journal of Physics, 17(6) : 63001. doi: 10.1088/1367-2630/17/6/063001

DUZ, Serkan, and Tahir Volkan ASLAN. 2020. The Effect of Sport on Life Skills in High School Students. Asian Journal of Education and Training, 6(2) : 161–68. doi: 10.20448/journal.522.2020.62.161.168

Ekrem Levent, Ilhan, Esentürk Oğuz Kaan, Çeli̇k Okan Burçak, Yilmaz Aynur, and Tekkurşun Demir Gönül. 2017. Examination of Social Skill Levels of the Badminton Players. Romania The Journal Is Indexed in: Ebsco, SPORTDiscus, INDEX COPERNICUS JOURNAL MASTER LIST, 2(2) : 108–14.

Fiqri, Muhammad, Sri Wahyuningsih, and Tina Nurhasanah. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace Terbaik Menggunakan Metode AHP Pada Kelurahan Gunung Batu. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02) : 268–80. doi: 10.47709/jpsk.v2i02.1724

Hajovsky, Daniel B., Jacqueline M. Caemmerer, and Benjamin A. Mason. (2022). Gender Differences in Children’s Social Skills Growth Trajectories. Applied Developmental Science, 26(3):488–503. doi: 10.1080/10888691.2021.1890592

Hambali, Burhan. (2024). Pengembangan Instrumen Skala Kecakapan Hidup Pada Olahraga Bulu tangkis Dalam Rangka Positive Youth Development. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Hambali, Burhan, Amung Ma’mun, Budi Susetyo, Yusuf Hidayat, and Agus Gumilar. (2023). Coach’s Perceptions of Life Skill Development in Badminton Sport: A Preliminary Study. Journal of Physical Education and Sport, 23(12) : 3452-60. doi: 10.7752/jpes.2023.12396

Hartadji, Rd. Herdi, Amung Ma’mun, Yudy Hendrayana, and Tite Juliantine. 2022. Sport Climbing Programs For Developing Life Skills Of Teenagers. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1) :104-9. https://doi.org/10.17509/jpjo.v9i2.67809

Hoskin, Annette K., Stephanie Watson, and Tengku A. Kamalden. 2023. Badminton-Related Eye Injuries : A Systematic Review. Injury Prevention, 29(2) :116–20. doi: 10.1136/ip-2022-044564

Kelimeler, Anahtar. (2017). Eğitim ve Bilim. 42:185-204.

Opstoel, Katrijn, Laurent Chapelle, Frans J. Prins, An De Meester, Leen Haerens, Jan van Tartwijk, and Kristine De Martelaer. 2019. Personal and Social Development in Physical Education and Sports: A Review Study. European Physical Education Review, 26:797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054

Phukan, Mridusmita. (2022). Perceived Multidimensional Social Support and Gender Differences among the Shuttlers. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 9(4) : 68–71. doi: 10.22271/kheljournal.2022.v9.i4b.2566

Purnomo, Eko, Amung Ma, Nurlan Kusmaedi, Yudy Hendrayana, Nina Jermaina, Akhmad Amirudin, Nessya Fitryona, and Dwi Mutia Sari. (2024). Integration of Social Values Through Sport Integración de Valores Sociales a Través Del Deporte. Retos 52 : 144–53.

Riley, Allison, Dawn Anderson-Butcher, Jessica Logan, Tarkington J. Newman, and Jerome Davis. (2017). Staff Practices and Social Skill Outcomes in a Sport-Based Youth Program. Journal of Applied Sport Psychology, 29(1) : 59–74. doi: 10.1080/10413200.2016.1179700

Santika, I. G. P. N., Adiatmika, I. P. G., Samodra, Y. T. J., Subekti, M., Tirtayasa, K., Purnawati, S., Suryadi, D., & Suganda, M. A. (2024). An unforgettable negative memory: the effects of Covid-19 on the endurance of kabaddi athletes. Fizjoterapia Polska, 24(3). https://doi.org/10.56984/8ZG020AYBW

Uyar, Yalcin, Ambra Gentile, Hamza Uyar, Övünç Erdeveciler, Hakan Sunay, Veronica Mîndrescu, Dino Mujkic, and Antonino Bianco. (2022). Competition, Gender Equality, and Doping in Sports in the Red Queen Effect Perspective. Sustainability (Switzerland), 14(5):1–8. doi: 10.3390/su14052490

Wahidah, Nabilah, Mudjihartono, Yusuf Hidayat, Burhan Hambali, and Lilis Komariyah. (2023). Analisis Tingkat Kecakapan Hidup Dalam Perpektif Gender Di Klub Bulu tangkis Kota Bandung. Gelanggang Olahraga : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 6(2):245–53. doi: 10.31539/jpjo.v6i2.6362

Ying, Shen. (2024). Impact of Badminton Course on the Physical, Emotional and Social Wellness Status of the College Students. International Journal of Education and Humanities, 15(3):177–80. doi: 10.54097/1a90zf08

Published

2025-01-29

How to Cite

Rahayu, N. W., Hendrayana, Y., Salman, & Burhan Hambali. (2025). Analisis Keterampilan Sosial Atlet Bulu Tangkis Berdasarkan Perspektif Gender di Klub Bulu Tangkis Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.59672/jpkr.v11i1.4256