Hasil Belajar Roll Depan dengan Menggunakan Matras Miring pada Siswa Kelas Atas

Authors

  • Asry Syam Universitas Negeri Gorontalo
  • Ismet Yasin Universitas Negeri Gorontalo
  • Syahruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3889

Keywords:

senam lantai, guling depan, matras miring

Abstract

Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang memerlukan kemampuan koordinasi, keseimbangan, serta kebranian bagi siswa untuk melukakan. Tidak mudah untuk melakukan gerakan dalam senam lantai salah satunya guling depan. Penelitian ini berujuan untuk membuktikan pengaruh latihan dengan menggunakan matras miring terhadap kemampuan guling depan pada olahraga senam lantai. Desain penelitian eksperimen dengan pre test and post test desain terhadap 10 siswa sekolah dasar kelas atas. Dilakukan penilaian pengamatan oleh tiga orang guru Pendidikan jasmani untuk pre test dan post test. Perlakukan selama 4 kali pertemuan. Hasil analisis data, ternyata data tidak normal, analisis nonparametric menggunakan Wilcoxon dengan sig nifikansi 0,005<0,05 sehingga dinyatakan terjadi perbedaan antara tes awal dengan tes akhir. Hal ini ditunjukkan dengan nilai baik mean ataupun median yang menunjukkan setelah post test nilainya lebih tinggi disertai standar deviasi yang semakin kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Pradana, R., Hinda Zhannisa, U., & Muh Isna Nurdfin Wibisana, dan. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Media Cetak Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai (Guling Depan) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Taman Kecamatan Taman Pemalang. Jurnal Spirit Edukasia, 3(1). https://journal.upgris.ac.id/index.php/spiritedukasia/article/view/14790

Adlan, D., Hidayat, A. S., & Fahrudin, F. (2021). Survei Self Confidence Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa di MTs Al Kautsar Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4639

Agung, P. S. (2019). Hubungan Motivasi dan Fleksibilitas terhadap Hasil Belajar Guling Depan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(5), 55. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37581

Anggriawan, C. O., Januarto, O. B., & Kurniawan, A. W. (2020). Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Guling Depan Dan Guling Belakang Pada Senam Lantai Melalui Multimedia Interaktif Untuk Kelas Vii Smp Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 10(2), 92–100. https://doi.org/10.33558/motion.v10i2.1739

Anwar, M. M., & Abdillah, S. (2020). Analisis Hasil Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan dan Guling belakang Melalui Permainan dan Media Audio Visual. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 84–88. https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.490

Asriana, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD Negeri 2 Cakranegara. Anwarul, 2(2), 180–191. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i2.370

Budiningrum, T., & Rusmiati, P. (2021). Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang Saat Pandemi Covid-19. Seminar Nasional STKIP Kusuma Negara, 9(10). https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1265

Gunawan, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan melalui Permainan Siswa Kelas IV.C SD Negeri 10 Cakranegara. Al-DYAS, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.58578/aldyas.v1i1.753

Gunawan, W. S. (2016). Hubungan Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada Siswa Kelas X. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Hadyansah, D., & Supriadi, D. (2022). Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Guling Depan Senam Lantai. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 4(02), 198–204. https://doi.org/10.35724/mjpes.v4i02.4428

Hanan, H. I., Lusiana, L., Zahra, S., & Purnama, Y. (2023). Tingkat Kecemasan pada Pembelajaran Senam Lantai Kayang. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 2(2), 89–94. https://doi.org/10.26740/ijok.v2n2.p89-94

Harimurti, R. S. (2018). Peningkatan keyakinan diri dan hasil belajar guling depan melalui latihan imageri. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 87–99. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.10097

Indah Nurwahyuni, L., & Indahwati, N. (2015). Penerapan Media Audiovisual dalam Gerak Senam Lantai (Meroda, Forward Roll, Hand Stand) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 843–848. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14368

Isnaeni Mahmudah, & Agus Darmawan. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1268

Jaka Bimantoro, & Achmed Zoki. (2022). Analisis Kecemasan Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sidowarek 2 Jombang. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 254–259. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.247

Junaidi. (2017). Pengaruh Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Guling Depan Senam Lantai Siswa Kelas VIII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 209–217. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/791

Kumala, H. D., & Maksum, A. (2020). Relasi antara kecemasan, gender, dan hasil belajar senam lantai. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10989

Kurniawan, H. F., & Gusti, S. (2024). Hubungan Kekuatan Otot Tangan dengan Kemampuan Meroda pada Materi Senam Lantai Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang. Jurnal JPDO, 7(6), press. https://doi.org/10.24036/jpdo.7.6.2024.149

Mulyana, F. R. (2018). Hubungan Fleksibilitas Panggul dan Power Otot Lengan Dengan Keterampilan Stut Pada Senam Lantai. Journal of S.P.O.R.T, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.37058/sport.v2i1.509

Natalis Nggaa, P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 32–38. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Nilam Arisma, Saepul Ma’mun, Ardawi Sumarno. (2022). Survei Keterampilan Senam Lantai Guling Depan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas VII SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 8(3), 178–183. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921

Nugroho, W., & Dewi, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai dengan Metode Bermain untuk Siswa Kelas IV SDN 137698 Kota Tanjungbalai. JSH: Journal of Sport and Health, 4(1), 34–45. https://doi.org/10.26486/jsh.v4i1.3096

Oddie Barnanda Rizky, Syafrial, Septian Raibowo, Andika Prabowo, & Andes Permadi. (2024). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Dan Kelenturan Pinggang Terhadap Keterampilan Senam Lantai Handspring Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Bengkulu. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 429–439. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.428

Palupi, T. (2020). Implementasi Penggunaan Alat Peraga Bola Kremes Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 188–201. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.219

Prasetyo Ade. (2017). Hambatan Siswa Kelas Vii Belajar Senam Lantai Guling Depan Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Smp Muhammadiyah 2 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(6). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pjkr/article/view/6941

Prasetyo, I. D., & Sunarti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Penggunaan Media Video. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 5–10.

Pratiwi, A. A., Putra, R. B. A., Darmawan, A., & Priyono, B. (2022). Modifikasi Matras Lantai Dalam Pembelajaran Senam Lantai Materi Roll Depan Dan Roll Belakang Bagi Siswa Sma Negeri 3 Semarang Tahun 2022. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 424–429. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i2.59306

Rahayu, P. (2015). Hambatan Siswa Kelas V Pada Materi Guling Depan Dalam Pembelajaran Senam Se-Gugus 02 Di Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/132421372.pdf

SahRoll, S., Akbar, K., & Atmaja, N. M. K. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Dalam Senam Lantai Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kancong Tanah Pinoh Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 8(1), 30–35. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.318

Salahuddin, M. (2020). Korelasi Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Terhadap Kemampuan Guling Depan Pada Mahasiswa Penjaskesrek Unismuh Luwuk Banggai. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 1. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.395

Setiawan, I. N. D., Made Agus Wijaya, & Ni Luh Putu Spyanawati. (2022). Media Pembelajaran Senam Lantai Berorientasi ICT TPACK untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49237

Siregar, R. S., Pitnawati, Handayani, S. G., & Astuti, Y. (2022). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Tubuh dengan Kemampuan Rolling Depan pada Pembelajaran Senam Lantai Kelas VII A di SMP Negeri 2 Padang. Jurnal JPDO, 5(8), 129–134. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1098%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1098/493

Sunan, R. (2016). Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan Togok Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Guling Depan Kelas Iv Dan V Sd N Kraton Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 9(2), 10. https://eprints.uny.ac.id/37786/

Sunarya, A. S., Yuda, A. K., & Safei, M. M. (2022). Tingkat Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Senam Lantai Di Sma Negeri Se-Kecamatan Tempuran. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 125–136. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2922

Taqwa, M. Q. D. (2020). Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Guling Belakang di SD Negeri Karangjati Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Tarwiyah. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Guling Depan Dengan Metode Bermain Kelas Ii Sd Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Tahun 2021. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.37859/eduteach.v3i1.3414

Wiguna, A. S. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara. Jendela Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1702

Yuliati, Y., Prananosa, A. G., & Syafutra, W. (2023). Penerapan Media Audio Visual Senam Lantai Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. E-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31539/e-sport.v4i1.7589

Zalil Ashidqy, A., Abdul Gani, R., Zinat Achmad, I., Mury Syafei, M., Purbangkara, T., & Resita, C. (2023). Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 10(1). https://doi.org/10.23887/penjakora.v10i1.56287

Published

2024-06-30

How to Cite

Syam, A., Yasin , I. ., & Syahruddin. (2024). Hasil Belajar Roll Depan dengan Menggunakan Matras Miring pada Siswa Kelas Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(2), 299-309. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3889

Issue

Section

Articles