Pengaruh Penggunaan Alat Swim Vest dan alat Swimming Board terhadap Kemapuan Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3855Keywords:
swim vest, swimming board, renang, sekolah dasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan rompi pelampung (Swim Vest) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas; 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas dan 3) pengaruh yang lebih baik antara penggunaan alat rompi pelampung (Swim Vest) dengan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis keterampilan renang siswa menggunakan rompi dan papan berdasarkan kecepatan renang gaya bebas siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa siswa SD Negeri Tegalgiri 3 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode total sampling sebanyak 26 siswa yang kemudian dibagi 2, yaitu 13 siswa kelompok rompi dan 13 siswa kelompok papan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penggunaan rompi pelampung (Swim Vest) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t sebesar 0,042 ternyata lebih kecil dari sigifikansi 0,05; 2) penggunaan papan renang (Swimming Board) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t sebesar 0,037 ternyata lebih kecil dari sigifikansi 0,05 dan 3) perbedaan hasil dari penggunaan alat rompi pelampung (Swim Vest) lebih baik pengaruhnya dibandingkan penggunaan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Peningkatan terhadap hasil renang gaya bebas kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan alat rompi pelampung (Swim Vest) adalah sebesar 18% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan papan renang (Swimming Board)) yaitu sebesar 6%
Downloads
References
Albertus, F., & Muhyi, F. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Alkhafid, M. S. (2022). Efektivitas Alat Bantu Pullbuoy dan Swimboard untuk Proses Renang Gaya Bebas 50 m KU 3 di Club Renang Bahurekso Swimmer Kecamatan Boja. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3262
Arhesa, S. (2020). Buku Jago Renang. Tangerang Selatan : Ilmu Cemerlang Group
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Dantes, N. (2023). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Jawa Timur : PT. Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers
Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jawa Timur : Qiara Media
Firmansyah, H. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).
Gafar, M. F. (2024). Jembatan Ilmu : AI dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan. Bangkulu : CV Brimedia Global
Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2017). Essentials of Statistics for the Behavioral Sciences (10th ed.). Wadsworth Cengage Learning
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hidayat, C., & Juniar, D. T. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Deepublish
Ilham, M. K., & Kurniawan, A. (2023). Dasar-Dasar Olahraga Renang. Jambi : PT. Salim Media Indonesia
Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php
Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17. https://journal.uny.ac.id/index.php/majora
Kusuma, Y. Y. (2021). Bab 16 Penelitian Eksperimen. Teori & Konsep Pedagogik, 278.
Mashud, Arifin S, Kristiyandaru A, Samodra YTJ, Santika IGPNA, Suryadi D. Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. (2023). Physical Education of Students. 27(3), 118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304
Mustafa, P. S. (2021). Merdeka Belajar dalam Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Indonesia. Integrasi Keilmuan Dalam Menyongsong Merdeka Belajar, 1, 153–160.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Pamungkas, G. S., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Pengenalan Air terhadap Tingkat Aquaphobia. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10992
Putri, N. K. D., Pangkahila, A., Indra Lesmana, S., Sandi, N., Dwi Primayanti, D. A. I., & Imron, M. A. (2018). Renang Lambat Gaya Bebas Lebih Efektif Menurunkan Denyut Nadi Pemulihan daripada Senam Tai Chi pada Anggota TNI-AD Rindam IX/Udayana. Sport and Fitness Journal, 6(1), 6–14. https://doi.org/10.24843/spj.2018.v06.i01.p02
Putri, V. M., & Supriyono. (2021). Latihan Pull Buoy dan Rompi Terhadap Kecepatan Renang Atlet Tirta Tunggal Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(Edisi Khusus 2), 61–68. https://doi.org/10.15294/inapes.v2i0.47100
Rahmat, R., Suwardi, S., & Suyudi, I. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Kurikulum 2013 Di Kabupaten Bantaeng. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport And Recreation, 2 (2).
Ramadhan, D. M., & Hartoto, S. (2018). Pengaruh Alat Bantu Swim Board Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas X Sman 4 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 221–224. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269
Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123. http://ejournal.upi.edu/index.php/JKO
Setyawan, F. O. (2022). Buku Ajar Renang. Malang : Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Solihin, A. O., & Sriningsih. (2016). Pintar Belajar Renang. Bandung : Alfabeta
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa : Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
Van Duijn, T., Ng, J. L., Burnay, C., Anderson, N., Uehara, L., Cocker, K., & Button, C. (2021). The influence of equipment and environment on children and young adults learning aquatic skills. Frontiers in Psychology, 12, 733489.
Williams, N. (2012). The effect of passive heat maintenance on elite swimming performance. Swansea University (United Kingdom)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Karlina Dwijayanti, Slamet Santoso , Agustanico Dwi Muryadi , Rima Febrianti , Mokhammad Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only