Pengaruh Penggunaan Alat Swim Vest dan alat Swimming Board terhadap Kemapuan Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Karlina Dwijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Slamet Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agustanico Dwi Muryadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rima Febrianti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mokhammad Firdaus Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3855

Keywords:

swim vest, swimming board, renang, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan rompi pelampung (Swim Vest) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas; 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas dan 3) pengaruh yang lebih baik antara penggunaan alat rompi pelampung (Swim Vest) dengan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis keterampilan renang siswa menggunakan rompi dan papan berdasarkan kecepatan renang gaya bebas siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa siswa SD Negeri Tegalgiri 3 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode total sampling sebanyak 26 siswa yang kemudian dibagi 2, yaitu 13 siswa kelompok rompi dan 13 siswa kelompok papan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penggunaan rompi pelampung (Swim Vest) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t sebesar 0,042 ternyata lebih kecil dari sigifikansi 0,05; 2) penggunaan papan renang (Swimming Board) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t sebesar 0,037 ternyata lebih kecil dari sigifikansi 0,05 dan 3) perbedaan hasil dari penggunaan alat rompi pelampung (Swim Vest) lebih baik pengaruhnya dibandingkan penggunaan papan renang (Swimming Board) terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas. Peningkatan terhadap hasil renang gaya bebas kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan alat rompi pelampung (Swim Vest) adalah sebesar 18% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan papan renang (Swimming Board)) yaitu sebesar 6%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albertus, F., & Muhyi, F. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Alkhafid, M. S. (2022). Efektivitas Alat Bantu Pullbuoy dan Swimboard untuk Proses Renang Gaya Bebas 50 m KU 3 di Club Renang Bahurekso Swimmer Kecamatan Boja. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3262

Arhesa, S. (2020). Buku Jago Renang. Tangerang Selatan : Ilmu Cemerlang Group

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dantes, N. (2023). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Jawa Timur : PT. Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers

Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jawa Timur : Qiara Media

Firmansyah, H. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).

Gafar, M. F. (2024). Jembatan Ilmu : AI dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan. Bangkulu : CV Brimedia Global

Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2017). Essentials of Statistics for the Behavioral Sciences (10th ed.). Wadsworth Cengage Learning

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hidayat, C., & Juniar, D. T. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Deepublish

Ilham, M. K., & Kurniawan, A. (2023). Dasar-Dasar Olahraga Renang. Jambi : PT. Salim Media Indonesia

Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17. https://journal.uny.ac.id/index.php/majora

Kusuma, Y. Y. (2021). Bab 16 Penelitian Eksperimen. Teori & Konsep Pedagogik, 278.

Mashud, Arifin S, Kristiyandaru A, Samodra YTJ, Santika IGPNA, Suryadi D. Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. (2023). Physical Education of Students. 27(3), 118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304

Mustafa, P. S. (2021). Merdeka Belajar dalam Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Indonesia. Integrasi Keilmuan Dalam Menyongsong Merdeka Belajar, 1, 153–160.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Pamungkas, G. S., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Pengenalan Air terhadap Tingkat Aquaphobia. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10992

Putri, N. K. D., Pangkahila, A., Indra Lesmana, S., Sandi, N., Dwi Primayanti, D. A. I., & Imron, M. A. (2018). Renang Lambat Gaya Bebas Lebih Efektif Menurunkan Denyut Nadi Pemulihan daripada Senam Tai Chi pada Anggota TNI-AD Rindam IX/Udayana. Sport and Fitness Journal, 6(1), 6–14. https://doi.org/10.24843/spj.2018.v06.i01.p02

Putri, V. M., & Supriyono. (2021). Latihan Pull Buoy dan Rompi Terhadap Kecepatan Renang Atlet Tirta Tunggal Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(Edisi Khusus 2), 61–68. https://doi.org/10.15294/inapes.v2i0.47100

Rahmat, R., Suwardi, S., & Suyudi, I. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Kurikulum 2013 Di Kabupaten Bantaeng. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport And Recreation, 2 (2).

Ramadhan, D. M., & Hartoto, S. (2018). Pengaruh Alat Bantu Swim Board Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas X Sman 4 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 221–224. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269

Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123. http://ejournal.upi.edu/index.php/JKO

Setyawan, F. O. (2022). Buku Ajar Renang. Malang : Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Solihin, A. O., & Sriningsih. (2016). Pintar Belajar Renang. Bandung : Alfabeta

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa : Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Van Duijn, T., Ng, J. L., Burnay, C., Anderson, N., Uehara, L., Cocker, K., & Button, C. (2021). The influence of equipment and environment on children and young adults learning aquatic skills. Frontiers in Psychology, 12, 733489.

Williams, N. (2012). The effect of passive heat maintenance on elite swimming performance. Swansea University (United Kingdom)

Published

2024-06-30

How to Cite

Dwijayanti, K., Santoso , S., Muryadi , A. D., Febrianti , R., & Firdaus , M. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Swim Vest dan alat Swimming Board terhadap Kemapuan Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(2), 289-298. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3855

Issue

Section

Articles