Peran Jalan dan Senam Aerobic Low Impact terhadap Heart Rate dan IMT bagi Guru Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3625Keywords:
jalan, aerobic low impact, heart rate, IMTAbstract
Jalan merupakan gerak dasar manusia yang dapat dilakukan sehari-hari namun banyak kalangan justru belum mengerti akan manfaatnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat bila dikaji secara mendalam, termasuk untuk kebugaran tubuh. Di sisi lain juga terdapat aktivitas lain yang juga efektif untuk meningkatkan kebugaran, yaitu senam aerobik low impact. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh jalan dan senam aerobic low impact terhadap heart rate dan IMT bagi guru perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Hasil penelitian jalan dapat meningkatkan kualitas heart rate dan IMT; Senam aerobic low impact dapat meningkatkan kualitas Heart rate dan IMT. Hal ini disebabkan kedua latihan tersebut merupakan jenis latihan aerob yaitu sistem latihan yang membutuhkan oksigen untuk penyediaan ATP. Pada orang yang mengalami berat badan berlebih disebabkan penumpukan lemak, lemak ini tersimpan oleh tubuh karena kondisi karbohidrat (gula) dalam tubuh sudah menumpuk. Mekanisme proses penghasil ATP latihan yang dipakai sesuai dengan bahan yang dilakukan metabolisme dalam tubuh orang yang memilliki berat badan berlebi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu jalan dan senam aerobic memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kebugaran ditunjukkan dengan adanya penurunan heart rate dan IMT.
Downloads
References
Bornioli, A. (2022). The walking meeting: opportunities for better health and sustainability in post-COVID-19 cities. Cities and Health. https://doi.org/10.1080/23748834.2022.2050103
Eng, J. J., & Tang, P. F. (2014). Gait training strategies to optimize walking ability in people with stroke: a synthesis of the evidence. Expert Review of Neurotherapeutics, 7(10), 1417–1436. https://doi.org/10.1586/14737175.7.10.1417
Jonni & Argantos. (2019). Improved Business Sanggar Senam And Fitness Center Through Basic Training For Fitness Instructors In Sub-District Koto Tangah Padang. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60-66. https://doi.org/10.24036/jha.0101.2019.06
Mashud, Arifin. S, Kristiyandaru. A, Samodra, Y. T. J., Santika, I. G. P. N. A., & Suryadi, D. (2023). Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. Physical Education of Students, 27(3), 118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304
Mastura, J., Omar Fauzee, M. S., Bahaman, A. S., Rashid, S. A., & Somchit, M. N. (2012). Effect of low-impact aerobic dance exercise on psychological health (stress) among sedentary women in Malaysia. Biology of Sport, 29(1), 63–69. https://doi.org/10.5604/20831862.984944
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2). https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924
Rifaldi, M., Pitnawati, P., Ihsan, N., & Febrian, M. (2023). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 02 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal JPDO, 6(6), 23-31. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1391
Santika, I. G. P. N. A. (2016). Pengukuran Tingkat Kadar Lemak Tubuh Melalui Jogging Selama 30 Menit Mahasiswa Putra Semester IV FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 89-98. https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.165
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Šuc, Anja, Pija Šarko, Jernej Pleša, and Žiga Kozinc. (2022). "Resistance Exercise for Improving Running Economy and Running Biomechanics and Decreasing Running-Related Injury Risk: A Narrative Review" Sports 10, no. 7: 98. https://doi.org/10.3390/sports10070098
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Szeszulski, J., Lanza, K., Dooley, E. E., Ashleigh, M., Knell. G., Walker, T. J., Craig, D. W., Robertson, M. C., Salvo, D., & Kohl, H. W. (2020). Y-Paths : A Conceptual Framework for Classifying the Timing, How, and Setting of Youth Physical Activity. Journal of Physical Activity and Health, 18(3). https://doi.org/10.1123/jpah.2020-0603
Thogersen-Ntoumani, C., Loughren, E., Duda, J., & Fox, K. R. (2014). Step by step: The feasibility of a 16-week workplace lunchtime walking intervention for physically inactive employees. Journal of Physical Activity and Health, 11(7), 1354–1361. https://doi.org/10.1123/jpah.2012-0243
Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Kebugaran Jasmani dan Interaksi Sosial terhadap Prestasi Belajar Penjasorkes Siswa Kelas Tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 73-84. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/45
Wardahni, D. K. (2017). Peran Kesehatan Mental bagi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/193-198
Wati, M., Masrun, M., Padli, P., & Irawan, R. (2020). Pengaruh Latihan Aerobik Terhadap Penurunan Denyut Nadi Istirahat pada Siswi SMA 10 Padang Dengan Berat Badan Berlebih. Jurnal Patriot, 2(4), 1146-1156. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.738
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Gatot Margisal Utomo, Angga Indra Kusuma, Ismawandi Bripandika Putra, I Gede Dharma Utamayasa, Marthinna Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only