Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Authors

  • Ni Wayan Ary Rusitayanti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Komang Ayu Tri Widhiyanti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Ariawati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Putu Indrawathi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ida Ayu Kade Arisanthi Dewi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Kadek Hendra Mahardika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3528

Keywords:

motivasi, mahasiswa, pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia pada angkatan 2020, 2021 dan 2022. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tiga Tahun terakhir yaitu angkatan 2020, 2021 dan 2022 dengan total 341 mahasiwa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan subjek penelitian berjumlah 341 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui motivasi mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia secara keseluruhan berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 mahasiswa), “rendah” sebesar 15% (51 mahasiswa), “sedang” sebesar 58% (198 mahasiswa), “tinggi” sebesar 27% (92 mahasiswa), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 mahasiswa). Kemudian Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia berdasarkan Faktor Instrinsik berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 mahasiswa), “rendah” sebesar 13% (44 mahasiswa), “sedang” sebesar 60% (205 mahasiswa), “tinggi” sebesar 23% (78 mahasiswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4% (14 mahasiswa). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia berdasarkan faktor ekstrinsik berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 mahasiswa), “rendah” sebesar 15% (51 mahasiswa), “sedang” sebesar 60% (204 mahasiswa), “tinggi” sebesar 21% (72 mahasiswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4% (14 mahasiswa).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfredo, J., Resita, C., & Gustiawati, R. (2021). Motivasi Berprestasi Peserta Ekstrakulikuler Futsal di Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3961

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Dhaki, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Dauyah, E., & Yulinar. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2). https://doi.org/10.32672/si.v19i2.1010

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). doi:https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fitri, A. N., & Adeni, A. (2020). Jokowi dan Kekuatan Pencitraan Diri Serta Relasinya Dengan Umat Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 1–17. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3503

Gultom, D. K. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2). https://doi.org/10.30596/jimb.v14i2.194

Gunawan, Moh. Ali. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing

Hutasuhut, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Managemen FE Unimed. PEKBIS, 2(1). http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.2.01.%25p

Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat di Era Modern. Darul Ulum : Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 24-36. Retrieved from http://ejournal.stitdukotabaru.ac.id/index.php/darululum/article/view/67

Mendrova, N., Fauzi, K., & Sitompul, P. (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2922-2931. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2553

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Nurgiyantoro. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : UGM Press

Savitri, A. D., & Purwaningtyastuti. (2020). Perilaku Altruisme pada Relawan Konselor Remaja. PERSONIFIKASI Jurnal Ilmu Psikologi, 11(1). https://doi.org/10.21107/personifikasi.v11i1.7293

Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 130–138. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.871

Suardi, M. (2017). Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan. KELOLA (Journal of Islamic Education Management, 2(2), 117-126. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.434

Sugandi, L. (2014). Pengaruh Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan dalam Proses Belajar Mengajar. Comtech : Computer, Mathematics and Engineering Application, 5(2), 939-953. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2339

Sardiman. (2007). Motivasi dalam Belajar. Jakarta : Depdikbud

Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Sumaryanto. (2001). Motivasi Mahasiswa FIK UNY Dalam Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan. Olahraga Majalah Ilmiah. Hlm. 32-41

Sutrisno. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen Angket dengan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta : Andi Offset

Taufik, T., Erwin, E., & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15

Wahyudi, W. D., & Tupti, Z. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. MANEGGIO Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3363

Yulianto, A. (2007). Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Mata Kuliah Teori Akuntansi Melalui Pendekatan Discovey Learning. Dinamika Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.15294/dp.v2i1.459

Published

2024-01-25

How to Cite

Rusitayanti, N. W. A., Widhiyanti, K. A. T., Ariawati, N. W., Indrawathi, N. L. P., Dewi, I. A. K. A., & Mahardika, I. K. H. (2024). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 155-164. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3528