Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Kebugaran Jasmani

Authors

  • I Komang Adi Palgunadi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gede Agus Adi Saputra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ida Ayu Kade Arisathi Dewi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Made Arum Dwita Sari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3521

Keywords:

pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar, kebugaran jasmani

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) dengan tahapan observasi, refleksi awal, rencana tindakan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada Kelas VII-A, populasi sebanyak 32 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, diambil keseluruhan sebagai sampel. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 siklus dengan kriteria keberhasilan tindakan apabila memenuhi ketuntasan belajar 79% secara individual maupun klasikal. Temuan pada siklus I, rata-rata aktivitas kebugaran 14,07 berada pada kriteria sangat aktif; ketuntasan klasikal 78,13% sehingga belum tuntas. Siklus II, rata-rata aktivitas kebugaran 15,50 berada pada kriteria sangat aktif; ketuntasan klasikal 86,11 sehingga tuntas. Dilihat dari skor N-gain, peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 0,33 pada kriteria sedang dan siklus II 0,37 pada kriteria sedang. Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Abiansemal tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37

Agus Tomi, S. H. M. E. W. (2016). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar untuk Siswa Kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 4(2), 182–200. https://doi.org/10.31571/jpo.v4i2.86

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1). http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Erfayliana, Y. (2015). Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Etika, Moral, dan Karakter. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar), 2(2). http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1299

Fiteriani, I., & Baharudin. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang berkombinasi pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. TERAMPIL : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2). http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2224

Haris, I. N. (2018). Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/191

Hejo, Y. S., Bare, Y., & Putra, S. H. J. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia SMP Kelas VIII. Spizaetus : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 4(1). https://dx.doi.org/10.55241/spibio.v4i1.93

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. JUKASI : Jurnal Edukasi, 7(2). https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Indrawathi, N. L. P., Citrawan, I. W., & Santika, I. G. P. N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 216-222. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.237

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi di Kelas Matematika Ilmu Alam. Indonesian Journal of Science Education, 1(1). http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401

Kencana, I. N. T. P., Candiasa, I . M., & Widiartini, N. K. (2015). Pengaruh Pelatihan dengan Pemberian Beban Push-Up terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru SMP Sapta Andika Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1548

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal al-Murabbi, 3(1). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Marfu’ah, L., Julaeha, S., & Solihah, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Pokok Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP : Susunan Artikel Pendidikan, 4(2). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261

Muksin. (2017). Optimalisasi Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sukamulia Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/173

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Nurmahni Harahap. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, dan Aktivitas Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di MTSN Model Banda Aceh. Visipena, 4(2), 57-76. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.212

Pardiyasari & Kusumadewi, P. (2014). Penerapan Buku Sekolah Elektronik Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievemenet Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP Negeri 2 Salatiga. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana

Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 61-69. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4043

Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima. ORYZA : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2). https://doi.org/10.33627/oz.v8i2.296

Surya, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7

Syahril, M. (2023). Kontribusi Kecepatan Lari 30 Meter dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Lompat Jauh pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Tambangan. Banjarmasin : Universitas Islam Kalimantan

Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. SUHUF : International Journal of Islamic Studies, 30(1). https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721

Utami, P. (2019). Meta-Analisis Penggunaan Model Kooperatif dalam Pembelajaran Biologi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah

Yantik, F., Sutrisno, & Wiryanto. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Published

2024-01-25

How to Cite

Palgunadi, I. K. A., Saputra, I. G. A. A., Dewi, I. A. K. A., & Sari, N. M. A. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 203-211. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3521