Deskripsi Kualitas Tidur dan Pengaruhnya terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Salsa Wulandari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3414

Keywords:

tidur, kualitas tidur, konsentrasi, akademik

Abstract

Tidur adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental serta memiliki peran dalam meningkatkan kinerja akademik mahasiswa. Gangguan tidur, terutama insomnia, seringkali dialami oleh mahasiswa dan dapat memberikan dampak negatif terhadap kualitas konsentrasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya kualitas tidur bagi mahasiswa dalam mendukung konsentrasi belajar yang optimal. Menggunakan penelitian kuantatif deskriptif dengan sampel sebanyak 52 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebar melalui googleform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki indeks kualitas tidur pada aspek kualitas tidur yang tergolong sangat baik ada 9%, baik 58%, buruk 29% dan sangat buruk 4%, indeks kualitas tidur pada aspek latensi tidur yang tergolong sangat baik ada 21%, baik 33%, buruk 35% dan sangat buruk 11%, indeks kualitas tidur pada aspek durasi tidur yang tergolong sangat baik ada 10%, baik 31%, buruk 42% dan sangat buruk 17%, indeks kualitas tidur pada aspek efisiensi tidur yang tergolong sangat baik ada 77%, baik 19%, buruk 2% dan sangat buruk 2%, indeks kualitas tidur pada aspek gangguan tidur yang tergolong sangat baik ada 0%, baik 48%, buruk 52% dan sangat buruk 0%, indeks kualitas tidur pada aspek penggunaan obat sangat baik ada 92%, baik 0%, buruk 2% dan sangat buruk 0% dan indeks kualitas tidur pada aspek disfungsi di siang hari yang tergolong sangat baik ada 2%, baik 4%, buruk 38% dan sangat buruk 56%. Sehingga pada aspek keseluruhan yang telah dianalisis, responden yang memiliki indeks kualitas tidur yang tergolong sangat baik ada 8%, baik 65%, buruk 27% dan sangat buruk 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ama, U. T., & Elwindra, E. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Gangguan Pola Tidur pada Mahasiswa STIKES Persada Husada Indonesia. Jurnal Persada Husada Indonesia, 9(35). https://doi.org/10.56014/jphi.v9i35.351

Amelia, R. (2022). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Baiturrahmah. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1002

Andriani. (2016). Hubungan kualitas tidur terhadap konsentrasi belajar mahasiswa akademi kebidanan internasional pekanbaru tahun 2016. Journal Penelitian, 4(01). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/931459

Arifin, Z., & Wati, E. (2020a). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwekerto. Human Care Journal, 5(3). https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.797

Arifin, Z., & Wati, E. (2020b). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwekerto. Human Care Journal, 5(3), 650. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.797

Arisandi Desi, A. R. (2016). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Prestasi Kumulatif (IPK) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/642

Asshiddiqie, J., & Triastuti, N. J. (2019). Hubungan Tingkat Stres, Kualitas Tidur, Tingkat Depresi dan Penggunaan Gadget dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran. Ums. http://hdl.handle.net/11617/12009

Awal, H. Q. (2017). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2014 UIN Alauddin Makassar. In Advanced Drug Delivery Reviews (Issue Juli 2017). https://repositori.uin-alauddin.ac.id/4164/1/HUSNUL QIRA%27AH AWAL 01.pdf

Bella Novita, Siti Rochmani, & Mulyanti. (2019). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Mts Yabika Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.37048/kesehatan.v8i2.138

Caesarridha, D. K. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 2(4). https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/253

Fadlilah, M., Aristoteles, A., & Pebyana, B. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kesiapan Mengikuti Proses Belajar Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV STIKes Muhammadiyah Palembang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v11i1.573

Feriani, D. A. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKJ 2 dan XI TKJ 1 Di SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Applied Microbiology and Biotechnology, 2507(1). http://repository.stikes-bhm.ac.id/765/1/1.pdf

Hami, F., Tasalim, R., & Putra, A. H. S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Baru Di Universitas Sari Mulia. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 6(1). http://dx.doi.org/10.32419/jppni.v6i1.259

Intan, M. (2015). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Prestasi Belajar pada Siswa Boarding School di SMAN 10 Fajar Harapan Kota Banda Aceh. Electronic Thesis and Dissertations Unsyiah. https://etd.usk.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11981

Lisiswanti, R., Rodiani, Saputra, O., Sari, M., & Zafirah, N. (2019). Hubungan Antara Kualitas Tidur Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J Agromedicine, 6(1). https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/2253

Nasrullah. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII Di Smpn 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang. Bitkom Research, 63(2). https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/555

Olii, N., Kepel, B. J. &, & Silolonga, W. (2018). Hubungan Kejadian Insomnia Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Keperawatan, 6(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.18777

Pitaloka, Diah, R., Utami, Tri, G., Novayelinda, & Riri. (2015). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Dan Kemampuan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/8317

Ponidjan, T. S., Rondonuwu, E., Ransun, D., Warouw, H. J., & Raule, J. H. (2022). Kualitas Tidur sebagai Faktor yang Berimplikasi pada Konsentrasi dan Motivasi Belajar Anak Remaja. E-Prosiding Semnas Polkesdo, 1(2). https://ejurnal.poltekkes-manado.ac.id/index.php/eprosiding2022/article/view/1681/1031

Pratiwi, W. (2017). Hubungan Derajat Insomnia dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15569

Pujiana, D., & Lestari, M. (2017). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa/i Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Semester VI STIKES Muhammadiyah Palembang. Jurnal Masker Medika, 5(1). http://jmm.ikestmp.ac.id/index.php/maskermedika/article/view/169

Putra, K. K., & Dharmadi, M. (2018). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Perolehan Hasil Ujian Mahasiswa Pre-klinis Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika, 7. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/37410

Retnaningsih, D., & Kustriyani, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jurnal Ners Widya Husada Semarang, 1(1). https://journal.uwhs.ac.id/index.php/jners/article/view/124

Sholat, N., Sucipto, S., & Pratiwi, R. D. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Insomnia Pada Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Semester 1 Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. Frame of Health Journal, 1(1). http://openjournal.wdh.ac.id/index.php/fohj/article/view/355/275

Sulistia, T., Djamahar, R., & Rahayu, S. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik dengan Hasil Belajar Kognitif Sistem Koordinasi Manusia. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2). https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1785

Sulistyani, S. (2021). Penyuluhan Tentang Kualitas Tidur Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v1i2.367

Sunbanu, V. M. S. M., Rante, S. D. T. R., & Damanik, E. M. B. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Teknik Sipil Di Politeknik Negeri Kupang Selama Pandemi Covid-19. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(2). https://doi.org/10.35508/cmj.v9i2.5965

Supriani, A., Indah Safitri, E., Siswantoro, E., & Indrawati, I. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur Dan Konsentrasi Belajar. Journals of Ners Community, 13(1). https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1637

Wiyandani, N. A., Yogisutanti, G., & Octavia, I. (2018). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tingkat Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi S1&D3 Keperawatan Angkatan 2014 Di Stik Immanuel Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 12(1). https://doi.org/10.36051/jiki.v12i1.32

Published

2024-01-25

How to Cite

Wulandari, S., & Pranata, R. . (2024). Deskripsi Kualitas Tidur dan Pengaruhnya terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 101-108. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3414