Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Menunjang Pembelajaran Tenis Meja

Authors

  • Septian Raibowo Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Bengkulu
  • Oddie Barnanda Rizky Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Bengkulu
  • Tono Sugihartono Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Bengkulu
  • Andes Permadi Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Bengkulu
  • Andika Prabowo Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Bengkulu
  • Miftah Fajrin Rahmi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3375

Keywords:

bahan ajar, blended learning, efektifitas, tenis meja

Abstract

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, maka proses pembelajaran yang lebih interaktif, mandiri, dan instan perlu diatasi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang saat ini, yaitu dengan bantuan media komputer, laptop atau android. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif tenis meja dan mengetahui keefektifan bahan ajar multimedia interaktif dalam menunjang pembelajaran tenis meja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan: analisis kebutuhan, pengumpulan data, pengembangan produk, validasi ahli, pengujian produk, revisi produk, dan evaluasi. Subyek diambil dengan menggunakan metode random sampling sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar raket, lembar validasi ahli dan tes lanjutan yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Melihat keefektifan produk menggunakan desain eksperimen dengan format “one group pretest-posttest design” yang tidak menggunakan kelas perbandingan tetapi sudah menggunakan tes awal sehingga besarnya dampak penggunaan produk dapat diketahui dengan pasti. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli media, hasil belajar ahli materi sangat valid, dan validasi evaluator cukup valid. Kualitas produk pengujian skala besar dikategorikan tinggi. Hasil uji efektivitas produk menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dan efisien serta daya tarik yang tinggi dalam menunjang pembelajaran tenis meja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312

Agusdianita, N., Kusitanti, S. K., & Resnani. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Bahan Ajar Elektronik Bagi Guru Kelas IV SD IT Insan Mulia Kota Bengkulu. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarkatan, 5(2), 675–681.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran—Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (1st ed.). Cipta Media.

Ardiyanto, M. A., Hidayatullah, M. F., & Sabarini, S. S. (2021). The Effect of Imagery Training and Concentration on Forehand Serve Accuracy of the Junior Table Tennis Athletes. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 500–509. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1679

Degeng, I. N. S. (1998). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Citra Raya.

Dwiyogo, W. D., & Rodriguez, E. I. S. (2020). Blended Development Learning of Soccer Courses for Education in Physical Health and Recreation Students: Proceedings of the 1st International Scientific Meeting on Public Health and Sports (ISMOPHS 2019). The 1st International Scientific Meeting on Public Health and Sports (ISMOPHS 2019), Malang City, East Java, Indonesia. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.201203.002

Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Lakeisha. www.penerbitlakeisha.com

Irviana, I. (2020). Understanding the Learning Models Design for Indonesian Teacher. International Journal of Asian Education, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.40

Jaakkola, T., & Veermans, K. (2015). Effects of abstract and concrete simulation elements on science learning. Journal of Computer Assisted Learning, 31(4), 300–313. https://doi.org/10.1111/jcal.12089

Kaliyadan, F., & Kulkarni, V. (2019). Types of variables, descriptive statistics, and sample size. Indian Dermatology Online Journal, 10(1), 82. https://doi.org/10.4103/idoj.IDOJ_468_18

Kioumourtzoglou, I., Zetou, E., & Antoniou, P. (2022). Multimedia As a New Approach for Learning in Physical Education. Arab Journal of Nutrition and Exercise (AJNE). https://doi.org/10.18502/ajne.v6i1.10065

Kurniawan, E., & Trimasukmana, D. J. (2020). Korean Drama as Geography’s Audio-Visual Learning Media of Disaster Mitigation. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2184–2190. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080558

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2000). Multimedia-based instructional design: Computer-based training, Web-based training, distance broadcast training. Jossey-Bass/Pfeiffer.

Lukosch, H., & Comes, T. (2019). Gaming as a research method in humanitarian logistics. Journal of Humanitarian Logistics and Supply Chain Management, 9(3), 352–370. https://doi.org/10.1108/JHLSCM-06-2018-0046

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Munna, A. S., & Kalam, A. (2021). Teaching and learning process to enhance teaching effectiveness: A literature review. International Journal of Humanities and Innovation, 4(1), 1–4.

Nind, M., & Lewthwaite, S. (2020). A conceptual-empirical typology of social science research methods pedagogy. Research Papers in Education, 35(4), 467–487. https://doi.org/10.1080/02671522.2019.1601756

Nipriansyah, Danim, S., Kartiwi, A. P., & Susanto, E. (2022). The Effectiveness of the Basic Level of Combination Online Education and Training for Early Childhood Education Teachers. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(1), 238–248. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i1.3302

Noor, N. A. M., Saim, N. M., Alias, R., & Rosli, S. H. (2020). Students’ Performance on Cognitive, Psychomotor and Affective Domain in the Course Outcome for Embedded Course. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3469–3474. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080821

Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim. (2023). Sumber Stress Akademik Mahasiswa Penjas yang Menulis Skripsi di Universitas Bengkulu. Journal of Sport Sciences and Fitness, 9(1), 18–26. https://doi.org/10.15294/jssf.v9i1.63468

Prihandono, E. (2018). LKM Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 6(2), 14. https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1554

Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13726

Raibowo, S., Fathoni, A. F., & Adi, S. (2022). Feasibility of audio-visual teaching materials to support tennis learning. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 217–226. https://doi.org/10.21831/jk.v10i2.48830

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the Best of Online and Face-to-Face Learning: Hybrid and Blended Learning Approach for COVID-19, Post Vaccine, & Post-Pandemic World. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865

Wardiyanto, Y., & Hadi, R. (2022). Komik Digital PJOK Tematik Aktifitas Fisik Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Kegiatan Asistenis Mengajar Mitra MBKM. Journal of Sport Sciences and Fitness, 8(2), 95–103. https://doi.org/10.15294/jssf.v8i2.61420

Yıldız, G., Yıldırım, A., Akça, B. A., Kök, A., Özer, A., & Karataş, S. (2020). Research Trends in Mobile Learning. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(3), 176–196. https://doi.org/10.19173/irrodl.v21i3.4804

Yong, S.-T., & Gates, P. (2014). Born Digital: Are They Really Digital Natives? International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 4(2), 102–105. https://doi.org/10.7763/IJEEEE.2014.V4.311

Published

2024-01-25

How to Cite

Raibowo, S., Rizky, O. B., Sugihartono, T., Permadi, A., Prabowo, A. ., & Rahmi, M. F. . (2024). Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Menunjang Pembelajaran Tenis Meja. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 133-146. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3375