The Literasi Digital Guru PJOK SMK Negeri Kabupaten Blitar tentang Media Pembelajaran Kahoot
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3318Keywords:
pendidikan jasmani, pemahaman, kahootAbstract
Pada kompetensi abad ke 21 pendidikan sebagai faktor penting dalam kehidupan dan digital berperan sebagai perubahan dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman literasi digital guru PJOK SMK Negeri Kabupaten Blitar tentang media pembelajaran Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMK Negeri Kabupaten Blitar dengan jumlah responden 24 orang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian pemahaman literasi digital guru PJOK SMK Negeri Kabupaten Blitar tentang media pembelajaran Kahoot mempunyai persentase baik sekali sebesar 8% atau 2 guru, baik sebesar 13% atau 3 guru, sedang sebesar 29% atau 7 guru, kurang sebesar 50% atau 12 guru, dan kurang sekali sebesar 7% atau 8 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan dalam kategori kurang sebesar 0%, artinya dari hasil tersebut diatas bahwa guru PJOK SMK Negeri Kabupaten Blitar masih belum semuanya memahami tentang media pembelajaran Kahoot.
Downloads
References
Adiputri, R. D. (2023). Sistem Pendidikan Finlandia Belajar Cara Mengajar (I. Isaiyas (ed.).
Anas Sudijono. (2018). Pengantar statistik pendidikan. Rajawali Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1177285
Andriani, D., Suprapto, P. K., & Triyanto, S. A. (2023). Pengaruh Media Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 11. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v16i1.67434
Courtney B Cazden. (1996). A Pedagogy of Multiliteracies: Designing Social Futures. Harvard Educational Review, 66. https://doi.org/10.17763/haer.66.1.17370n67v22j160u
Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M. . (2018). Media & teknologi pembelajaran. Prenadamedia Group (Divisi Kencana)
Fadillah, I. N., Susilawati, W., Sugilar, H., & Kariadinata, R. (2022). Efektivitas Kahoot sebagai Media Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Masa Pandemi Covid-19 The Effectiveness of Kahoot as a Mathematics Learning Media on Learning Outcomes During the Covid-19 Pandemic. Gunung Djati Conference Mathematics Education On Research Publication (MERP I), 12, 86–90.
Faturahim, F., & Purwanto, D. (2023). Inovasi model pembelajaran digital pada guru pjok di kecamatan palu utara. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 223. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16578
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Kurniawan, W. P. (2021). Wabah Covid-19 Memberikan Ancaman Menjadi Sebuah Peluang Dalam Paradigma Pendidikan 4.0: Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. In dkk Adi Wijayanto (Ed.), Bunga Rampai (Akademisi, p. 109). Akademia Pustaka
Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Sd) Pada Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999
Mi’raj Dodi Kurniawan. (2021). Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire (Filsafat &). Instrans Publishing
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya
Nugraha, N., & Nugraha, D. (2022). Pelatihan Penggunaan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Sdit Al Imam Kuningan. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.52250/p3m.v7i1.566
Nurul Hildayani Ruslan, Sumiati, A. M. (2023). Pengaruh Pemberian Kuis Berbantuan Media Kahoot ! di Awal Pembelajaran pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 3 Makassar ( Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi ) The Effect of Giving Kahoot ! Media. 87–97.
Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082
Sahlberg, P. (2018). FinnishED Leadership: Four Big, Inexpensive Ideas to Transform Education. Corwin; 1st edition
Sanita, S., & Saparia, A. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam inovasi pembelajaran di MTSN 1 poso. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 69. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16587
Sitanggang, H. R., Aminudin, R., Julianti, R. R., & 3. (2022). Tingkat Pemahaman Mahasiswa PJKR FKIP UNSIKA yang Mengikuti Mata Kuliah DMP Akuatik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Video Tutorial Renang. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5, 255–268. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.2912
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Viva Budy Kusnandar. (2019). Proyeksi Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Kelompok Usia (2015-2045). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-jumlah-penduduk-usia-produktif-indonesia
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning bagi para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Jurnal Univ PGRI Palembang, 12(1), 338–346. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2543
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Wing Prasetya Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only