Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sepak Sila dalam Sepak Takraw

Authors

  • I Kadek Yudha Pranata Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Putu Eri Kresnayadi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gede Agus Adi Saputra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Agustinus Dei Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Darmada Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gusti Ngurah Sudiarta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8247884

Keywords:

kooperatif (CRH), hasil belajar, sepak takraw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sepak sila dalam sepak takraw melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe course riview horay (CRH) pada siswa kelas V SD negeri 1 Yeh Kuning. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD negeri 1 Yeh Kuning berjumlah 38 orang. Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar siswa terdiri dari kegiatan visual, lisan, audio, metrik, mental dan emosional. Hasil pengamatan enam komponen aktivitas belajar tersebut, diperoleh data aktivitas menimang bola sepak takraw sebagai berikut 3 siswa (7,90%) yang tergolong aktif, 24 siswa (63,16%) yang tergolong cukup aktif dan 11 siswa (28,94%) yang tergolong kurang aktif. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh rata-rata aktivitas belajar secara klasikal adalah 5,18. Sebagian siswa baru memenuhi 5 sampai 6 dari 12 indikator yang di observasi, dan aktivitas siswa berada pada kategori kurang aktif kemudian meningkat pada siklus II menjadi 4 siswa (10,5%) berada kategori sangat aktif, 34 siswa (89,5%) berada kategori aktif. Rata aktivitas belajar secara klasikal pada siklus II sebesar 7,58. Tingkat ketuntasan hasil belajar menimang bola sepak takraw yaitu 4 siswa (10,5%) tuntas, dan 34 siswa (89,5%) yang tergolong tidak tuntas kemudian meningkat pada siklus II menjadi siswa tuintas sebanyak 35 (92,10%) dan siswa tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Peningkatan hasil sepak sila sepak takraw pada siklus II secara klasikal yaitu 83,52 berada pada rentang 75-89 yaitu kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gaffar, Maulidin, dan Intan Kusuma Wardani. (2021). Keseimbangan Tubuh dan Koordinasi Mata Kaki dengan Kemampuan Passing Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 2(3), 126-130. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i3.543

Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1), 36-47. https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5161

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang (Inproving Social Instructional Quality by Cooperative Model, Course Review Horay Type at Fourth SDN). Jurnal Kreatif (Jurnal Pendidikan Dasar), 1(2), 194-205. https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1681

Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hanafi, M., Hakim, A., & Bulqini, A. (2020). Pengaruh Model Permainan Target terhadap Akurasi Mengumpan Dalam Permainan Sepak Takraw. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p23-29

Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87-92. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.992

Majidah Khairani, Dian Febrinal. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 54-60. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/574

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Ramadhan, A., & Bulqini, A. (2018). Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.26740/jses.v1n1

Sofyan Hanif, A. (2015). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Wulandari, D. A. R., & Irsyada, M. (2019). Aanalisis Gerak Servis Atas Sepak Takraw pada Atlet Putra di SMA Negeri Olahraga Sudoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga, 2(4), 1-9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/31079

Published

2023-06-30

How to Cite

Pranata, I. K. Y., Kresnayadi, I. P. E., Saputra, I. G. A. A., Dei, A., Darmada, I. M., & Sudiarta, I. G. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sepak Sila dalam Sepak Takraw. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(2), 286-292. https://doi.org/10.5281/zenodo.8247884

Issue

Section

Articles