KREATIVITAS GURU PENJAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN 2018
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3342990Keywords:
kreativitas, guru penjas, pembelajaranAbstract
Penelitian ini merupakan deskirptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan pada tujuh Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Kebumen. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan guru olahraga SMP Negeri se-kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.Hasil temuan penelitian kemampuan kreativitas guru penjas terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan KebumenKabupaten Kebumen tahun 2018 guru sudah melakukan kemampuan kreativitasnya berdasarkan lima factor,yaitu1) Kelancaran berpikir (fluencyof thinking), 2) Keluwesan berpikir (flexibility), 3) Elaborasi (elaboration), 4) Originalitas (originality), dan 5) Mengembangkan (Redefinition). Saran bagi guru agar menambah pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan baik teknik atau cara mengajar agar proses pembelajaran dapat berjalan lancer dan siswa, agar terus bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Downloads
References
Hari Amirullah, 2006. Membangun Kembali Jembatan Antara Kreativitas Dan Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia No.1. April 2006. Yogyakarta : FIK UNY.
Harsuki, 2003. Perkembangan olahraga terkini (kajian para pakar). Jakarta PT Rajagrafindo Persada.
Nur AM., 2008. Artikel Psikologi Klinis Perkembangan dan Sosial. www. Blogspot.com.09-04-2013.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only