KREATIVITAS GURU PENJAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN 2018

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3342990

Keywords:

kreativitas, guru penjas, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merupakan deskirptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan pada tujuh Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Kebumen. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan guru olahraga SMP Negeri se-kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.Hasil temuan penelitian kemampuan kreativitas guru penjas terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan KebumenKabupaten Kebumen tahun 2018 guru sudah melakukan kemampuan kreativitasnya berdasarkan lima factor,yaitu1) Kelancaran berpikir (fluencyof thinking), 2) Keluwesan berpikir (flexibility), 3) Elaborasi (elaboration), 4) Originalitas (originality), dan 5) Mengembangkan (Redefinition). Saran bagi guru agar menambah pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan baik teknik atau cara mengajar agar proses pembelajaran dapat berjalan lancer dan siswa, agar terus bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adang Suherman dan Agus Mahendra, 2002. Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani SMU. Jakarta : Depdiknas.
Hari Amirullah, 2006. Membangun Kembali Jembatan Antara Kreativitas Dan Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia No.1. April 2006. Yogyakarta : FIK UNY.
Harsuki, 2003. Perkembangan olahraga terkini (kajian para pakar). Jakarta PT Rajagrafindo Persada.
Nur AM., 2008. Artikel Psikologi Klinis Perkembangan dan Sosial. www. Blogspot.com.09-04-2013.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Published

2019-06-03

How to Cite

KREATIVITAS GURU PENJAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN 2018. (2019). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95-100. https://doi.org/10.5281/zenodo.3342990

Issue

Section

Articles