PELATIHAN LARI INTERVAL DENGAN JARAK 1,6 KM TERHADAP KEMAMPUAN KARDIOVASKULAR SISWA PUTRA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • IM. Vikqy Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • IKA. Palgunadi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • IM. Darmada Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • IW. Citrawan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • KAT. Widhiyanti Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • IGNAC. Prananta Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3342983

Keywords:

pelatihan lari Interval, daya tahan, uji MFT

Abstract

Berdasarkan observasi awal didapat hasil bahwa pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kardiovaskular. Jadi pelatihan yang bisa digunakan, yaitu pelatihan lari interval dengan jarak 1,6 km untuk meningkatkan kemampuan kardiovaskular. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kardiovaskular siswa dengan pelatihan lari interval dengan jarak 1,6 km. Pelatihan ini menggunakan rancangan experimental randomized pre-test and post-test group design. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018. Sampel berjumlah 30 orang diambil secara acak sederhana dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing  yang masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang. Hasil uji t-paired kelompok kontrol dan kelompok perlakuan terjadi peningkatan yang bermakna (p<0.05). Hasil uji t-test independent didapat bahwa kedua kelompok sebelum pelatihan tidak berbeda bermakna (p>0,05), sedangkan setelah pelatihan kedua kelompok sebelum pelatihan tidak berbeda bermakna (p>0,05). Simpulan bahwa pelatihan lari interval dengan jarak 1,6 km meningkatkan daya tahan. Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil post test kelompok kontrol dengan perlakuan dalam meningkatkan kemampuan kardiovaskular siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, IPG, Santika, IGPNA, 2016. Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana University Press.
Arikunto,Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktian. Jakarta : Rineka Cipta.
Nala, I Gusti Ngurah, 2015. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar : Udayana University Press.
Pasireurih, Katar, 2014. Pengertian Olahraga Secara Umum. Available from: http://katarpasireurih.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-olahraga-secara-umum.html. Diakses tanggal 23 Pebruari 2018.
Paturusi, Achmad, 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Rineka Cipta.
Santika, I Gusti Putu Ngurah Adi. Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Ikip Pgri Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 85-92, jan. 2017. ISSN 2337-9561. Available at: <https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221>.
Rizky, Dyo, 2013. Pengertian Daya Tahan Dalam Olahraga. Available from: http://dyosoekirno.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-daya-tahan-dalam-olahraga.html. Diakses tangal 23 Pebruari 2018.
Sugiyono, Prof. Dr., 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Published

2019-06-03

How to Cite

Vikqy, I., Palgunadi, I., Darmada, I., Citrawan, I., Widhiyanti, K., & Prananta, I. (2019). PELATIHAN LARI INTERVAL DENGAN JARAK 1,6 KM TERHADAP KEMAMPUAN KARDIOVASKULAR SISWA PUTRA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 89-94. https://doi.org/10.5281/zenodo.3342983

Issue

Section

Articles