IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMKN 5 DENPASAR

Authors

  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3340179

Keywords:

Model pembelajaran Quantum, aktivitas, hasil belajar, pasing atas bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing atas bola voli melalui implementasi model pembelajaran Quantum pada siswa kelas XI I A 1 SMKN 5 Denpasar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI I A 1 SMKN 5 Denpasar. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil belajar teknik passing atas bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran Quantum, pada siswa kelas XI I A 1 SMKN 5 Denpasar. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 91,30% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 95,65%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4,35%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing atas meningkat melalui implementasi model pembelajaran Quantum pada siswa kelas XI I A 1 SMKN 5 DenpasarDisarankan kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat menggunakan model pembelajaranQuantum, karena telah terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing atas bola voli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Dantes. 2012. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kanca, 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
Nurhasan, 1992. Tes dan Pengukuran dalam Penjas serta Prinsip-prinsip Pelaksanaannya. Jakarta: Depdikbud.
Nurkancana dan Sunartana, 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Viera, Barbara L., dan Bonnie Jill Fergusson. 2004. Bola Voli Tingkat Pemula. Edisi 1. Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Published

2019-06-03

How to Cite

Laksana, A. A. N. P. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMKN 5 DENPASAR. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 59-63. https://doi.org/10.5281/zenodo.3340179

Issue

Section

Articles