PENGGUNAAN PELEPAH KELAPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 1 MELAYA
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3338700Keywords:
pelepah kelapa, aktivitas dan hasil belajarAbstract
Karya tulis ini merupakan salah satu inovasi pembelajaran tentang Penggunaan Pelepah Kelapa Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lempar Lembing Pada Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Setelah dioptimalkan penerapan pelepah kelapa pada gaya langkah silang (cross step) didapatkan bahwa 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2017/2018 meningkat sebesar 11 % yaitu dari 81,1 % menjadi 92,1%. 2) Hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2017/2018 yaitu 15,79 % nilai sangat baik dan 84,21 % nilai baik dengan nilai rata-rata kelas 87,69 kategori baik. Sedangkan hasil belajar psikomotor yaitu 13,16 % nilai sangat baik, 81,58 % nilai baik dan 5,26 nilai cukup baik dengan rata-rata nilai 86,43 kategori baik. 3) Hasil respon siswa yaitu 86,84 % siswa menyatakan senang, memudahkan belajar, bisa diteruskan, mudah menyelesaikan tugas dan memilih pelepah kelapa, 11,05 % siswa menyatakan biasa-biasa saja dan memilih lembing bambu dan 2,11 % siswa menyatakan menyusahkan belajar, jangan diteruskan dan memilih lembing standar. Jadi penggunaan pelepah kelapa sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lempar lembing pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2017/2018.
Downloads
References
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Derektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Anonim, 2014. Gaya dan Cara Melempar Lembing dalam Olahraga Lempar Lembing, Available from : https://edukasicenter.blogspot.com/2014/11/gaya-dan-cara-melempar-lembing-dalam.html, accesed tanggal 21 September 2016.
Hamalik, Oemar. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurkanca, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : PT Usaha Nasional.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mnegajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Syarifuddin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 2. Jakarta : Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only