PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SIRKUIT KARDIO UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA ANAK USIA 6-9 TAHUN

Authors

  • Andi Nur Cahyo Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3338697

Keywords:

permainan, kebugaran jasmani, anak usia 6-9 tahun

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada anak usia 6-9 tahun dan mengetahui efektivitas model permainan tersebut dalam meningkatkan kebugaran jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendesain produk model permainan, melakukan uji coba kelompok kecil, uji validasi dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan pada anak usia 6-9 tahun sebanyak 87 anak yang tersebar di SD N 02, SD N 03 dan SD N 04 Kuningan Semarang Utara, Kota Semarang. Variabel yang diteliti adalah kebugaran jasmani yang diukur dengan TKJI. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 5%. Pengembangan model permainan sirkuit kardio yang sesuai untuk materi permainan anak usia 6-9 tahun berupa kombinasi gerak lari dan lompat, jongkok yang dikemas dalam bentuk gerakan permainan gerakan permainan melewati lintasan dari pos I sampai pos VI dan kembali ke pos I. Pengembanga model permainan sirkuit kardioefektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada anak usia 6-9 tahun, terbukti dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai Z = -8.368 dengan nilai sign = 0,000 < 0,05. Hasil respon anak menunjukkan bahwa sebagian besar sangat tertarik dan merasa senang dengan pengembangan model permainan sirkuit kardio yang diajarkan, sehingga anak dapat bergerak secara efektif dalam pelaksanaan permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carison, S.A. et al. 2008. Physical education and academic achievement in elementary school: Data from the early childhood longitudinal study. Am J Public Health. 98/4.
CDC. 2006. What does physical activity for kids? Available from : on line at www.cdc. org.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Depdiknas.
Dewyer, T. et al. 2001. Relation of academic performance to physical activity and fitness in children. Pediatric Exercise Science. 13: 225-237.
Givler, J.I. 2002. A physically active lifestyle starts at birth. Teaching Elementary Physical Education. 13/6 : 12.
Harsuki (ed). 2003. PerkembanganOlahragaTerkini : Kajian Para Pakar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Ibrahim, R. 2001. Landasan Psikologis Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jakarta : Ditjen Olahraga, Depdiknas.
Irianto, D.P. 2005. Bermain sebagai upaya dini meletakkan dasar kebugaran bagi anak. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1/2: 81-89.
Lutan, R., dkk. 2001. Pendidikan Kebugaran Jasmani : Orientasi Pembinaan di Sepanjang Hayat. Jakarta : Ditjen Olahraga, Depdiknas.
Metzler, M.W. 2005. Instructional Models for Physical Education. 2nd ed. North Cattletrack Rd.: Holcomb Hathaway, Publishers, Inc.
Mosston, M. dan Ashworth, S. 2008. Teaching Physical Education. First Online Edition.
Mutohir, T.C. dan Maksum, A. 2007. Sport Development Index : Konsep, Metodologi, dan Aplikasi. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Indeks.
Mutohir, T.C. 2009. Program Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Pendidikan Terpadu Jangka Panjang. Makalah. Disampaikan dalam Semiloka Bidang Iptek. Jakarta : Kemenegpora.
Rachman, H.A. 2005. Bermain : Media pengembangan keterampilan gerak anak pra-sekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 1/2: 91-100.
Siedentop, D. 2002. Junior sport and the evolution of sport cultures. Journal of Teaching in Physical Education. 21/4: 394-410.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Cetakan ke-9. Bandung : Alfabeta.
Suharjana. 2001. Status Gizi dan Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar se-DIY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suherman, W.S. 2004. Pembelajaran pendidikan jasmani yang menarik, menggembirakan, dan mencerdaskan bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. 1/3: 12-19.
Suryobroto, A.S. 2001. Bentuk pembelajaran bermain bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Olahraga. 1/7: 15-24.
Wahyoedi. 2003. Profil Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Denpasar Bali. Jurnal IPTEK Olahraga. 1/5: 20-35.

Published

2019-06-03

How to Cite

Cahyo, A. N. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SIRKUIT KARDIO UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA ANAK USIA 6-9 TAHUN. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 11-17. https://doi.org/10.5281/zenodo.3338697

Issue

Section

Articles