Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Materi Masase Olahraga

Authors

  • Komang Ayu Tri Widhiyanti Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Bagia Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Ketut Sumerta Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Maryoto Subekti Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gst Ngurah Agung Cahya Prananta Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Kadek Suryadi Artawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8115267

Keywords:

pengembangan media, video pembelajaran, masase olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1) rancangan desain pengembangan video pembelajaran pada materi masase olahraga, 2) tanggapan mahasiswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses pengembangan media video pembelajaran dan kelayakan media video pembelajaran pada materi masase olahraga pada mata kuliah masase olahraga semester VI Penjaskesrek Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun ajaran 2022/2023. Kelayakan video pembelajaran diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP konversi tingkat pencapaian dengan skala lima. Tinjauan materi mencapai 92% dengan kategori sangat baik, validasi perorangan mencapai 92% dengan katagori sangat baik, validasi kelompok kecil mencapai 93,5% dengan katagori sangat baik, dan validasi kelompok besar mencapai 92% dengan katagori sangat baik. Dari penelitian pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang efektif, efesien, serta memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cynthia, J. Brame (2021). Effective Educational Videos. Vanderbilt University Center for Teaching

Gusmania, Y., & Dari T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Karl, Kapp. (2021). The Gamification of Learning and Instruction: Game-based Methods and Strategies for Training and Education. Wiley

Mashud, Arifin S, Kristiyandaru A, Samodra YTJ, Santika IGPNA, Suryadi D. Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. Physical Education of Students. 2023;27(3):118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Richard, Culatta. (2021). Reimagining Learning: Richard Culatta at TEDxBeaconStreet. TEDx Talks

Richard E., Mayer. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara : Diktat

Subekti, M., Adiatmika, I. P. G., Santika, I. G. P. N. A., & Sudarsana, I. P. A. B. (2022). The Effectiveness of Sport Massage on Blood Lactic Acid Levels Indonesian Kabaddi Athletes. ACTIVE : Jurnal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 11(3), 166-170. https://doi.org/10.15294/active.v11i3.60666

Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). doi: 10.31004/basicedu.v4i4.727

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Laporan Penelitian Puslit. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan Dengan ADDIE Model. Singaraja : Undiksha

Widhiyanti, K. A. T. (2022). Masase Olahraga (Sport Massage). Yogyakarta : Trans Medika

Widoyoko, Eko Putro. (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Published

2023-06-30

How to Cite

Widhiyanti, K. A. T., Bagia, I. M., Sumerta, I. K., Subekti, M., Prananta, I. G. N. A. C., & Artawan, I. K. S. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Materi Masase Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(2), 252-261. https://doi.org/10.5281/zenodo.8115267

Issue

Section

Articles