Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Materi Masase Olahraga
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.8115267Keywords:
pengembangan media, video pembelajaran, masase olahragaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1) rancangan desain pengembangan video pembelajaran pada materi masase olahraga, 2) tanggapan mahasiswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses pengembangan media video pembelajaran dan kelayakan media video pembelajaran pada materi masase olahraga pada mata kuliah masase olahraga semester VI Penjaskesrek Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun ajaran 2022/2023. Kelayakan video pembelajaran diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP konversi tingkat pencapaian dengan skala lima. Tinjauan materi mencapai 92% dengan kategori sangat baik, validasi perorangan mencapai 92% dengan katagori sangat baik, validasi kelompok kecil mencapai 93,5% dengan katagori sangat baik, dan validasi kelompok besar mencapai 92% dengan katagori sangat baik. Dari penelitian pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang efektif, efesien, serta memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pelajaran.
Downloads
References
Cynthia, J. Brame (2021). Effective Educational Videos. Vanderbilt University Center for Teaching
Gusmania, Y., & Dari T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Karl, Kapp. (2021). The Gamification of Learning and Instruction: Game-based Methods and Strategies for Training and Education. Wiley
Mashud, Arifin S, Kristiyandaru A, Samodra YTJ, Santika IGPNA, Suryadi D. Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. Physical Education of Students. 2023;27(3):118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Richard, Culatta. (2021). Reimagining Learning: Richard Culatta at TEDxBeaconStreet. TEDx Talks
Richard E., Mayer. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara : Diktat
Subekti, M., Adiatmika, I. P. G., Santika, I. G. P. N. A., & Sudarsana, I. P. A. B. (2022). The Effectiveness of Sport Massage on Blood Lactic Acid Levels Indonesian Kabaddi Athletes. ACTIVE : Jurnal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 11(3), 166-170. https://doi.org/10.15294/active.v11i3.60666
Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). doi: 10.31004/basicedu.v4i4.727
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Laporan Penelitian Puslit. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan Dengan ADDIE Model. Singaraja : Undiksha
Widhiyanti, K. A. T. (2022). Masase Olahraga (Sport Massage). Yogyakarta : Trans Medika
Widoyoko, Eko Putro. (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Komang Ayu Tri Widhiyanti, I Made Bagia, I Ketut Sumerta, Maryoto Subekti, I Gst Ngurah Agung Cahya Prananta, I Kadek Suryadi Artawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only