Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.8098506Keywords:
lompat, gerak dasar, permainan ular tanggaAbstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat melalui pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga pada siswa Kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam wujud proses pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2 semester genap, dengan jumlah 25 siswa, yang terdiri dari 10 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini siswa melaksanakan pembelajaran dengan aplikasi media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil analisis data : 1) Ada peningkatan penilaian afektif materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 60%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 80%, 2) Ada peningkatan penilaian kognitif materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 64% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84%, 3) Ada peningkatan penilaian psikomotor materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar , yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 72% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88%.
Downloads
References
Dwijayanti, K., & Hakim, A. R. (2021). Aplikasi Permainan Ular Tangga Melalui Aktivitas Gerak Anak Usia Dini Untuk Mengurangi Kebosanan Selama Di Rumah. Dedication: Jurnal Pengabdian, 5(2), 237-244. Https://Jurnal.Ikipjember.Ac.Id/Index.Php/Dedication/Article/View/538
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64
Gunawan, I. P. A., Dewi, I. K. A., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Meloncati Rintangan Setinggi 50 cm ke Kiri ke Kanan 10 Repetisi 3 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Neger 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 52-60. https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i2.194
Hidayat, N. R., & Pramdhan, K. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Situational Interest Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 22–27. Retrieved From Http://Ejournal.Stkipnu.Ac.Id/Index.Php/Jkjo/Article/View/57
Indrawathi, N. L. P, Citrawan, I. W, & Santika, I. P. N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Kombinasi Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli . Sprinter: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 216-222. Https://Doi.Org/10.46838/Spr.V3i3.237
Jamaliah, N., Sitepu, M. S. Z., & Pendahuluan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Tumpuan Pada Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Permainan Tradisional Engklek. 6(1), 41–49. Https://Doi.Org/10.24114/So.V6i1.33571
Kristiyanto, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Pendidikan. Universitas Sebelas Maret : Surakarta
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.770
Malik, A. A., Priyono, B., & Qoriah, A. (2013). “Ular Tangga Olahraga” Media Permainan Edukatif Untuk Olahraga Dengan Menggunakan Sistem Sirkuit Training Bagi Siswa Kelas X Sma Negeri Ajibarang Tahun 2013. Journal Of Physical Education , Sport , Health And Recreations, 2(10), 630–636
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Indonesia Abad 21. Jartika Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. Https://Doi.Org/10.36765/Jartika.V3i2.268
Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.15294/Lik.V36i1.524
Paturusi, S. (2012). Development And Evaluation Of The Blended Learningcourses At Sam Ratulangi University In Indonesia. International Journal Of E-Education, E-Business, E-Management And E-Learning, 2(3), 2–6. Https://Doi.Org/10.7763/Ijeeee.2012.V2.118
Pratama, H. G., Santika, . I. G. P. N. A., & Santoso, D. A. (2021). Profil Motorik Kasar Kelas Rendah Sdn 1 Sumbergedong Trenggalek. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 160-166. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4446274
Rovi Pahliwandari. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164. Https://Doi.Org/10.31571/Jpo.V5i2.383
Suantika, I. G. D., Sumerta, I. K., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Double Leg Bound 10 Repetisi 5 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Kelas VIII D SMP PGRI 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 27-30. https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i2.191
Wibawa, R., Sudiarta, N., & Santika, N. A. (2017). Pelatihan Plyometrics Knee Tuck Jump 5 Repetisi 5 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Kelas X Jurusan Multimedia dan Lukis Tradisi SMK Negeri 1 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 34-41. https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i1.215
Yuliana, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. 1(1), 44–53. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i1.311
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Karlina Dwijayanti, Mokhammad Firdaus, Muhammad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only