Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media “Kardus” melalui Model Pembelajaran Resiprokal pada Siswa

Authors

  • I Made Diarna SD Negeri 3 Batuan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7589344

Keywords:

medel pembelajar resiprokal, media kardus

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Batuan pada siswa kelas V yang nilai mata pelajaran Penjasorkes cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model pembelajaran Resiprokal dengan bantuan media kardus dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran penjasorkes pada siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif. Hasil analisis deskriptf menunjukan bahwa model pembelajan Resiprokal dengan bantuan media kardus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Perolehan pada awal test dengan nilai rata-rata 70,00. Siklus I menjadi 77,77 dan pada siklus II Menjadi 85,05. Persentase kenaikan pada siklus I yaitu 5,17% dan pada Siklus II yaitu 10,22%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, F. (2021). Evaluasi Tingkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 37-45. https://doi.org/10.37753/bina edukasi.v1i1.158

Arisman, A., & Okilanda, A. (2020). Pengembangan Diri melalui Olahraga Panahan. Jurnal Menssana, 5(1), 69-77. http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/138

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. IJPE : Indonesia Journal of Primary Education, 1(1), 51-58. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/7497

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. http://www.journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/85

Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 2(1), 60-76. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/691

Khalil, M. (2019). Pengaruh Modifikasi Media Kardus terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3), 61-65. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/29439

Marsh, H. W., Papaioannou, A., & Theodorakis, Y. (2006). Causal ordering of physical self-concept and exercise behavior: Reciprocal effects model and the influence of physical education teachers. Health Psychology, 25(3), 316–328. https://doi.org/10.1037/0278-6133.25.3.316

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. doi:https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rachmayani, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika : Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13-23. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Saputra, Y., & Pardianto, A. A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Media Kardus pada Siswa Kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sport-Mu : Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 10-21. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/sportmu/article/view/3035

Siswanto, S., & Purbangkara, T. (2019). Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran Resiprokal pada Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli di SMPN 1 Tirtajaya. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(2), 49–56. https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3379

Sobandi, A. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9(2), 25-34. https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/1799

Sukama, I. N. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Dengan Model Resiprokal pada Siswa Kelas VIII A Semester I SMP PGRI 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(2), 9-18. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/134

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87-93. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1793

Widiara, I. K. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Penjasorkes dengan Model Resiprokal dalam Kelompok Belajar pada Kompetensi Teknik Dasar Olahraga SD Negeri 2 Kalibukbuk. Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP UNIPAS, 1(1), 1-16. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/95

Yulistia, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif melalui Media Bahan Kardus Bentuk Geometri di Taman Kanak-Kanak Negeri Sekincau Lampung Barat. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan

Published

2023-01-31

How to Cite

Diarna, I. M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media “Kardus” melalui Model Pembelajaran Resiprokal pada Siswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 120-128. https://doi.org/10.5281/zenodo.7589344