Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru

Authors

  • M. Tami Rosadi Ahwan Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Basuki Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7592832

Keywords:

aktivitas kebugaran jasmani, project based learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran PJOK materi aktivitas kebugaran jasmani. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi aktivitas kebugaran jasmani menggunakan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek  penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banjarbaru yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Banjarbaru pada materi aktivitas kebugaran jasmani menggunakan metode Project Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen keterampilan kolaborasi, Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi siswa materi aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banjarbaru. Hal ini ditunjukkan pada nilai pengetahuan kolaborasi Siklus I pertemuan 1 yang tuntas hanya 8 siswa atau 22,85% dan yang tidak tuntas 27 siswa atau 77,14%. Nilai keterampilan  kolaborasi siklus I pertemuan 2 yang tuntas 20 siswa atau 57,14% dan yang tidak tuntas 15 siswa atau 42,14%. Nilai pengetahuan kolaborasi pada Siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan 25 siswa yang tuntas atau 71,42% dan yang tidak tuntas 10 siswa atau 28,58%. Nilai keterampilan kolaborasi pada siklus II pertemuan 2 kembali meningkat dari 28 siswa yang tuntas atau 80%, yang tidak tuntas 7 siswa atau 20%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62. doi:https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Fikriyah, Musyriatul, Indrawati, Gani, & Agus A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2165>. Date accessed: 30 jan. 2023

Funali, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN I Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 57–80

García, C. (2016). Project-based Learning in Virtual Groups - Collaboration and Learning Outcomes in a Virtual Training Course for Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 228(June), 100–105. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.015

Giriwijoyo, H. Y. S. S & Dikdik, Z. S. (2012). Ilmu Faal Olahraga (fisiologi Olahraga), Fungsi Tubuh Manusia pada Olahraga untuk Kesehatan dan Prestasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Gumanti, T. A., & Yunidar S, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Media

Huda, M. M., & Wisnu, H. (2015). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII dan IX SMPN 5 Sidoarjo (Studi pada siswa Kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 5 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 696–701. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/14346

Hidayati, L. (2014). Penerapan Kolaborasi Metode Pembelajaran Talking Stick Dan Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Smk 2 Lingsar. GaneÇ Swara, 8(2), 79–88

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo, 12–21. https://doi.org/10.30653/001.202042.138

Lee, D., Huh, Y., & Reigeluth, C. M. (2015). Collaboration, intragroup conflict, and social skills in project-based learning. Instructional Science, 43(5), 561–590. https://doi.org/10.1007/s11251-015-9348-7

Muktiani, N. R. (2014). Identifikasi Kesulitan Belajar Dasar Gerak Pencak Silat Pada Mahasiswa Pjkr Bersubsidi Di Fik Uny. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(April), 23–29

Munandar, H., Suwardi, & Hasyim. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola melaui model kolaborasi murid kelas v.b sd inpres 167 mattoanging kecamatan turatea kabupaten jeneponto. 1–15

Nasem, Arifudin, O., Cecep & Taryana, T. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209-218. https://doi.org/10.31955/mea.v2i3.624

Nurohman, S. (2015). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pardede, E. (2013). Efek Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kolaborasi Dengan Media Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika Siswa Sma. Tesis, 14–27

Purohman, P. S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Kegiatan Penelitian Alternatif untuk Guru. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Rahmanto, S. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa smp. 2, 610–614

Riyanto, I. A., Kristiyanto, A., & Purnama, S. K. (2017). The development of game - based motor skills learning model for 9- 10 year-old elementary school children. Kinesitherapy Research Journal, 2(2), 47–54

Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. (2017). PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 45–50

Sari, R. T. (2016). Analisis Perencanaan Pembelajaran IPA pada Materi Ekosistem Kelas XII SMK Negeri 4 Padang. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 161–169. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.2710

Sinuraya, J. F., & Barus, J. B. N. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Tahun Akademik 2019/2020 Universitas Quality Berastagi. Kinestetik, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10359

Suryani, N. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2)

Sutrisno. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada tema tempat umum melalui metode ular beruntun. 5(e-ISSN 2502-4264), 79–87. https://www.neliti.com/id/publications/242430/peningkatan-motivasi-berprestasi-dan-hasil-belajar-siswa-pada-tema-tempat-umum-m

Syahruddin, & Latuheru, R. V. (2019). The Effect of The Strength of Extremity and Motivation on Forward Roll of Achievement Learning. Journal of Physical Education Health and Sport, 6 (1), 11–17. https://doi.org/10.15294/jpehs.v6i1.19090

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Published

2023-01-31

How to Cite

Ahwan, M. T. R., Basuki, S., & Mashud. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106-119. https://doi.org/10.5281/zenodo.7592832