Kemampuan Guru PJOK dalam Mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka : Studi Kasus Mahasiswa PPG Daljab Kategori 2
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.2449Keywords:
kurikulum merdeka belajar, modul ajar, PPGAbstract
Perkembangan society 5.0 merupakan peralihan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, dimana guru dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif bisa dimulai dari pembuatan modul ajar. Dalam menyusun modul ajar mengacu pada kriteria modul ajar yang merupakan pengganti dari RPP yang bersifat variatif dan memiliki point-point komponen yang harus ada. Komponen yang ada pada modul ajar yaitu : a) komponen informasi umum; b) komponen inti; c) lampiran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru PJOK dalam mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK yang mengampu Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori II di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Tahun 2022 dan di ambil 2 sampel yang dipilih secara random. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil kerja mahasiswa PPG. Berdasarkan hasil analisisis diperoleh hasil bahwa subjek 1 dalam mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka sudah memenuhi semua point-point pada setiap komponen modul ajar, namun untuk subjek 2 ada beberapa point yang belum terpenuhi yaitu pada komponen inti dan lampiran. Pada komponen inti belum menuliskan releksi pendidik dan pada lampiran belum menuliskan glosarium dan daftar psutaka. Secara garis besar mahasiswa PPG sudah mampu mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka.
Downloads
References
Annisa, M., Hamid, H., & -, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054
Asrori, M. (2013). Pengertian, tujaun, ruang lingkuo strategi pembeljaaran. Madrasah, 5(2), 163–188. https://doi.org/10.1007/978-94-024-1267-3_843
Dosen, U.-U. R. I. N. 14 T. 2005 T. G. dan. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Gokalp, M. (2016). Investigating classroom teaching competencies of pre service elementary mathematics teachers. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 503–512. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1296a
Guo, Y., Connor, C. M. D., Yang, Y., Roehrig, A. D., & Morrison, F. J. (2012). The effects of teacher qualification, teacher self-efficacy, and classroom practices on fifth graders’ literacy outcomes. Elementary School Journal, 113(1), 3–24. https://doi.org/10.1086/665816
Hernawan, A. H., & Andriyani, D. (2011). Hakekat kurikulum dan pembelajaran. In Modul Pembelajaran (pp. 1–42). https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIS4303-M1.pdf
Krathwohl, D. R. (2009). Methods of educational and social science research : The logic of methods.
Kusmaharti, D., & Prayitno, L. (2017). Analisis kesulitan guru SD di Kabupaten Sumenep dalam mengajarkan tema pada Kurikulum 2013. Inovasi, 19(1), 24–32.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Nurfitriyani, R., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2021). The Effect of the Merdeka Curriculum on Student Creativity in Elementary Schools in Indonesia. Journal of Primary Education, 10(2), 102–112.
Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694
Pujiastuti, R., & Kulup, L. I. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. 3, 122–135.
Putri, T. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) pada Mata Pelajaran Korespondensi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4956–4967. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2969
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 92–106.
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 177–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/42154
Sugiono, E. (2019). Strategi peningkatan kinerja perguruan tinggi swasta : peranan budaya inovasi , pembelajaran dan komitmen organisasi The private university performance improvement strategies : the role of innovation culture , organizational learning and commitment. 21(1), 53–66.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pembelajaran (12th ed.). PT Remaja Rosdakarya
Susilo, H., & Indriyati, E. (2021). The Development of Teacher Competence through the Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesia. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 54–65.
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Yane, S. (2013). Perkembangan Kurikulum SMP/MTS Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani (Analisis Kurikulum 1975-2006). Jurnal Edukasi, 11(2), 229–239. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/218
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Achmad Nuryadi, Shandy Pieter Pelamonia, Angga Indra Kusuma, Ninik Mutianingsih, Lydia Lia Prayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only