IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STRUKTURAL TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 YEHKUNING TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Authors

  • I Kadek Yudha Pranata Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i2.235

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, lompat jangkit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode struktural tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jangkit pada siswa kelas V SD Negeri 1 Yehkuning Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 orang dengan rincian 17 putra dan 12 putri kelas V SD Negeri 1 Yehkuning. Data dikumpulkan penelitian ini adalah data aktivitas dan hasil belajar lompat jangkit. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan instrumen berupa assesmen. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh data siklus I, yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar (  ) 7,25 (kategori aktif) dan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 86,20% (kategori sangat baik). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal (  ) sebesar 7,91 (kategori sangat aktif) dan tingkat ketuntasan hasil belajar mencapai 93,10% (kategori sangat baik). Dari data tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 0,66 dan hasil belajar sebesar 6,9% dari siklus I ke siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jangkit meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif metode struktural tipe NHT pada siswa kelas V SD Negeri 1 Yehkuning tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru Penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif metode struktural tipe NHT dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jangkit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-30

How to Cite

Pranata, I. K. Y. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STRUKTURAL TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 YEHKUNING TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(2), 39-54. https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i2.235

Issue

Section

Articles