UPAYA MAKSIMAL MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PERIKSA SENDIRI SISWA KELAS IV A SEMESTER I SD NEGERI 1 UBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Anak Agung Raka Murningsih Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i1.225

Keywords:

metode belajar, penjasorkes

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa Kelas IV A semester I SD Negeri 1 Ubung tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model periksa sendiri. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 71,72 dengan ketuntasan belajar 47,22% pada siklus I naik menjadi 74,94 dengan ketuntasan belajar 75%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,83 dengan ketuntasan belajar
100%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa upaya maksimal penerapan model periksa sendiri dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa Kelas IV A semester I SD Negeri 1 Ubung tahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-01-31

How to Cite

Murningsih, A. A. R. (2017). UPAYA MAKSIMAL MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PERIKSA SENDIRI SISWA KELAS IV A SEMESTER I SD NEGERI 1 UBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 132-144. https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i1.225