PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X JB.3 SMK NEGERI 5 DENPASAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • I Made Loka Yasa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i1.224

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif,, hasil belajar, passing bola voli.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa Kelas X JB.3 SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yaitu peneliti sebagai guru, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa Kelas X JB.3 SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Diperoleh hasil belajar passing bawah pada awalnya sebesar 71,63 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 25,71%, meningkat pada siklus I dimana nilai rata-rata diperoleh 78,51 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal 71,43%. Sedangkan skor hasil belajar passing atas siklus II sebesar 83,11 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar passing bola voli pada siswa Kelas X JB.3 SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI, karena terbukti tepat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing dalam permainan bola voli.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-01-31

How to Cite

Yasa, I. M. L. (2017). PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X JB.3 SMK NEGERI 5 DENPASAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 119-130. https://doi.org/10.59672/jpkr.v3i1.224