Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri se-Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6716330Keywords:
pembelajaran pjok, pembelajaran daring, covid-19Abstract
Pada tanggal 24 Maret 2020, Menteri pendiddikan dan kebudayaan republik indonesia mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru PJOK SD Negeri se-Kecamatan Baron yang berjumlah 25 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online dengan menggunakan google form yang berisi 20 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 88% guru menggunakan metode pembelajaran daring, 12% guru tidak menggunakan metode daring dan 72% guru menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran PJOK secara daring, 28% guru hanya menggunakan satu metode daring, 88% siswa diberikan PR lebih dari biasanya, 12% siswa tidak diberikan PR lebih dari biasanya, dan 100% tujuan pembelajaran PJOK daring tercapai, 92% guru menggunakan bahan ajar seperti modul, LKS, buku pelajaran, dan lain lain dan 8% guru tidak, 76% Bapak/Ibu guru menggunakan aplikasi pembelajaran (Zoom, Grup Chat, Google Classroom dan lain-lain) dan 24% guru tidak, 88% siswa/siswi berpartisipasi dalam pembelajaran daring dan 12% siswa/siswi kurang berpartisipasi dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring 76% membuat motivasi belajar siswa menjadi menurun dan 24% menambah motivasi belajar, 88% guru intens berkomunikasi/berkonsultasi dengan orang tua/wali, 96% guru menjelaskan materi terlebih dahulu, 88%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu semua guru tetap melaksanakan pembelajaran PJOK yang secara keseluruhan dilaksanakan menggunakan media daring.
Downloads
References
Darmawan, Y., Martiani, M., & Febrianti, M. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa New Normal di SMPN 10 Seluma. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(03), 6-11. https://doi.org/10.33258/jder.v2i03.1782
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hamalik, O. (2017). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara
Majib, A., & Rohman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya
Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta
Putra, L. A., & Hamdani. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK Secara Darinf Pada Masa Pandemi di SMAN Se-Kabupaten Jombang. https:/ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41319
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta
Ulu, D. P. K. O. K. (2020). Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. https://diknas.okukab.go.id/berita/detail/pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ahmada Nur Hakimi, Wasis Himawanto, Moh. Nurkholis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only