Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri se-Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2021

Authors

  • Ahmada Nur Hakimi Program Studi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wasis Himawanto Program Studi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moh. Nurkholis Program Studi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6716330

Keywords:

pembelajaran pjok, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

Pada tanggal 24 Maret 2020, Menteri pendiddikan dan kebudayaan republik indonesia mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan  total sampling. Sampel dalam Peneltian ini  yaitu seluruh guru  PJOK SD Negeri se-Kecamatan Baron yang berjumlah 25 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online dengan menggunakan google form yang berisi 20 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 88% guru menggunakan metode pembelajaran daring, 12% guru tidak menggunakan metode daring dan 72% guru menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran PJOK secara daring, 28% guru hanya menggunakan satu metode daring, 88% siswa diberikan PR lebih dari biasanya, 12% siswa tidak diberikan PR lebih dari biasanya, dan 100% tujuan pembelajaran PJOK daring tercapai, 92% guru menggunakan bahan ajar seperti modul, LKS, buku pelajaran, dan lain lain dan 8% guru tidak, 76% Bapak/Ibu guru menggunakan aplikasi pembelajaran (Zoom, Grup Chat, Google Classroom dan lain-lain) dan 24% guru tidak, 88% siswa/siswi berpartisipasi dalam pembelajaran daring dan 12% siswa/siswi kurang berpartisipasi dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring 76% membuat motivasi belajar siswa menjadi menurun dan 24% menambah motivasi belajar, 88% guru intens berkomunikasi/berkonsultasi dengan orang tua/wali, 96% guru menjelaskan materi terlebih dahulu, 88%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu semua guru tetap  melaksanakan pembelajaran PJOK yang secara keseluruhan  dilaksanakan menggunakan media daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, Y., Martiani, M., & Febrianti, M. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa New Normal di SMPN 10 Seluma. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(03), 6-11. https://doi.org/10.33258/jder.v2i03.1782

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hamalik, O. (2017). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara

Majib, A., & Rohman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta

Putra, L. A., & Hamdani. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK Secara Darinf Pada Masa Pandemi di SMAN Se-Kabupaten Jombang. https:/ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41319

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta

Ulu, D. P. K. O. K. (2020). Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. https://diknas.okukab.go.id/berita/detail/pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Published

2022-06-30

How to Cite

Hakimi, A. N., Himawanto, W., & Nurkholis, M. (2022). Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri se-Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 257-264. https://doi.org/10.5281/zenodo.6716330

Issue

Section

Articles