Pengaruh Pembelajaran PJOK melalui Daring terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Kuta
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6723241Keywords:
pembelajaran daring, motivasi belajar, berpikir kritisAbstract
Pembelajaran PJOK selama pandemi ini terlalu dipengaruhi pandangan bahwa PJOK adalah pelajaran praktek langsung yang siap pakai dalam kehidupan sehari-hari Pandangan ini mendorong guru bersikap cenderung memberi tahu konsep, sifat, teorema dan cara menggunakannya. Guru cenderung mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran anak, dan anak menerimanya secara pasif dan tidak kritis. Tujuan Penelitian : 1) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar, 2) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap berpikir kritis, 3) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik didik SMA Negeri 1 Kuta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta, tahun pelajaran 2020/2021, berjumlah 318 orang. Menggunakan teknik sampel acak sederhana, didapatkan 72 orang sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan; hasil uji sample paired t test diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) dari pretest-posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki nilai 0,000 yang lebih kecil dari nilai 0,05. Kesimpulan : 1) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap motivasi belajar, 2) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap berpikir kritis, 3) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta.
Downloads
References
Darmadi, H. (2018). Optimalisasi Strategi Pembelajaran 'Inovasi Tiada Henti utuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik". 344
Dewi, N. K. S. K., Darmayasa, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Motivasi Belajar PJOK Melalui Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2020 / 2021. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6, 189–196
Dewi, R., Sariyasa, & Putrayasa, I. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas v sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 79–92
Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan ELearning Moodle,Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, Vol.02, 2
Herlina. (2013). PERKEMBANGAN MASA REMAJA (Usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2013.08.014
Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Lestari, N., Mardyansyah, S., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231
Pradana, B. P. D. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu, 2(01)
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Journal STAND : Sports and Development, 1(2), 112–119
Ruqo’iye. (2012). Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang) (Vol. 13, Issue April). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241
Situmorang, A. S. (2021). Pembelajaran Online Dengan Googele Classroom Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fkip Uhn. Sepren, 2(2), 40–46. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.549
Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227–2234
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Cetakan Kelima. Bumi Aksara
Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. In Yogyakarta: Laksitas. Laksitas
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Wayan Raka Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only