Pengaruh Pembelajaran PJOK melalui Daring terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Kuta

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6723241

Keywords:

pembelajaran daring, motivasi belajar, berpikir kritis

Abstract

Pembelajaran PJOK selama pandemi ini terlalu dipengaruhi pandangan bahwa PJOK adalah pelajaran praktek langsung yang siap pakai dalam kehidupan sehari-hari Pandangan ini mendorong guru bersikap cenderung memberi tahu konsep, sifat, teorema dan cara menggunakannya. Guru cenderung mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran anak, dan anak menerimanya secara pasif dan tidak kritis. Tujuan Penelitian : 1) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar, 2) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap berpikir kritis, 3) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik didik SMA Negeri 1 Kuta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta, tahun pelajaran 2020/2021, berjumlah 318 orang. Menggunakan teknik sampel acak sederhana, didapatkan 72 orang sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan; hasil uji sample paired t test diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) dari pretest-posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki nilai 0,000 yang lebih kecil dari nilai 0,05. Kesimpulan : 1) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap motivasi belajar, 2) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap berpikir kritis, 3) terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. (2018). Optimalisasi Strategi Pembelajaran 'Inovasi Tiada Henti utuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik". 344

Dewi, N. K. S. K., Darmayasa, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Motivasi Belajar PJOK Melalui Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2020 / 2021. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6, 189–196

Dewi, R., Sariyasa, & Putrayasa, I. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas v sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 79–92

Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan ELearning Moodle,Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, Vol.02, 2

Herlina. (2013). PERKEMBANGAN MASA REMAJA (Usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2013.08.014

Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Lestari, N., Mardyansyah, S., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231

Pradana, B. P. D. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu, 2(01)

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Journal STAND : Sports and Development, 1(2), 112–119

Ruqo’iye. (2012). Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang) (Vol. 13, Issue April). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241

Situmorang, A. S. (2021). Pembelajaran Online Dengan Googele Classroom Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fkip Uhn. Sepren, 2(2), 40–46. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.549

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227–2234

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Cetakan Kelima. Bumi Aksara

Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. In Yogyakarta: Laksitas. Laksitas

Published

2022-06-30

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran PJOK melalui Daring terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Kuta. (2022). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 295-307. https://doi.org/10.5281/zenodo.6723241

Issue

Section

Articles