Pengaruh Perceptual Motor Program terhadap Keseimbangan pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)

Authors

  • Indah Pramita Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura
  • Daryono Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura
  • Antonius Tri Wahyudi Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6783284

Keywords:

autism spectrum disorder, keseimbangan

Abstract

Salah satu gangguan motorik yang membatasi anak Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah ganguan keseimbangan. Gangguan keseimbangan pada anak ASD dapat dilihat dari ketidak mampuan dalam mempertahankan posisi tertentu, berdiri goyang dan juga gaya berjalan yang tidak stabil. Perceptual Motor Program adalah suatu metode latihan guna memberikan stimulasi terhadap keterampilan persepsi motorik anak. Perceptual motor program dapat meningkatkan hubungan antara persepsi sensori dan motorik anak karena fungsi taktil, visual, auditory, propioseptik ditingkatkan, sehingga akan meningkatkan keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  pemberian perceptual motor program dalam meningkatkan keseimbangan statis dan dinamis anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini bersifat pre eksperimental dengan rancangan pre-test and post-test group design. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pradnyagama dengan metode pengambilan sampel purpossive sampling. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 sampel.  Hasil penelitian ini menyatakan Perceptual Motor Program meningkatkan keseimbangan statis sebesar 36,18% dan keseimbangan dinamis sebesar 124,59%. Hasil Uji Wilcoxon test pada keseimbangan statis memiliki nilai p=0,002 (p≤ 0,05) dan uji Paired sample Test pada kseimbangan dinamis memiliki nilai p=0.001 (p≤ 0,05). Keseimpulan dalam penelitian ini Pemberian Perceptual Motor Program dapat meningkatkan keseimbangan statis dan dinamis pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diba, N. F., & Ernawati, A. (2015). Autism Care Center dengan Pendekatan Behaviour Architecture di Jakarta Timur. Faktor Exacta, 6(1), 24-34

Elzouki, S., & Tashani, O. A. (2017). The New Diagnostic Criteria Of Autism: Implications For Research And Practice In The Middle East And North African Region. International Journal of Current Advanced Research, 6(1), 1699-1703

Holloway, J. M., Long, T. M., & Biasini, F. (2018). Relationships between gross motor skills and social function in young boys with autism spectrum disorder. Pediatric physical therapy: the official publication of the Section on Pediatrics of the American Physical Therapy Association, 30(3), 184

Irfan, Muhammad. 2012. Fisioterapi Bagi Insan Stroke. Edisi 1. Yogyakarta :Graha Ilmu

Irvan, M. (2017). Gangguan Sensory Integrasi Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorder. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 13(23), 11-17

Kolb, H. (2011). Simple Anatomy of the Retina. The Organization of the Retina and Visual System. website Webvision: The Organization of the Retina and Visual System, http://webvision. med. utah. edu/book/part-i-foundations/simple-anatomy-of-the-retina

Lindsey K. M. & Stewart H. M. 2012. Specificity of Dyspraxia in Children with Autism Published in final edited form as: Neuropsychology. March p. 165–171

Meidian, Abdul Chalik., 2015. Analisis Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Pengukuran Keseimbangan Pada Anak Umur 3 – 7 Tahun: Pediatric Balance Scale Dan Sixteen Balance Test. Jurnal Fisioterapi. Vol. 15. No.2. Hal:52–59

Mustaqim, E. A. (2018). Perbandingan Motor Ability Siswa Sekolah Dasar Yang Berasal Dari Taman Kanak Kanak Dengan Yang Bukan Berasal Daritaman Kanak Kanak. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2)

Mustaqim, E. A. (2018). Perbandingan Motor Ability Siswa Sekolah Dasar Yang Berasal Dari Taman Kanak Kanak Dengan Yang Bukan Berasal Daritaman Kanak Kanak. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2)

Ordooi Azar, F., & Shahidian Akbar, P. (2018). The Effect of Perceptual-Motor training on Children's Development motor skills aged between 8 to 11 with high function autistic disorder (HFA). International Journal of Applied Science in Physical Education, 2(2), 1-11

Pramita, I, Setiawan dan Zuhri, S., 2017. Pengaruh Latihan Stabilisasi Postural Terhadap Keseimbangan Statis Dan Dinamis Pada Pasien Pasca Stroke. Jurnal Kesehatan. Vo.1. No.1. Hal:19–24

Sabina, S. I., & Marcelb, P. Developing Balance And Mobility At Primary School Leve

Sanglakh Goochan Atigh, A., Akbarfahimi, M., & Alizadeh Zarei, M. (2017). The effect of movement activities in synchronization with music on motor proficiency of children with autism. Journal of Advanced Medical Sciences and Applied Technologies, 3(2), 61-68

Sanglakh Goochan Atigh, A., Akbarfahimi, M., & Alizadeh Zarei, M. (2017). The effect of movement activities in synchronization with music on motor proficiency of children with autism. Journal of Advanced Medical Sciences and Applied Technologies, 3(2), 61-68

Watson, M. A & Black, F. O. 2008. The Human Balance System-A complex Coordination of Central and Peripheral Systems. Vestibular Disorders Association. Page 140

Published

2022-06-30

How to Cite

Pramita, I., Daryono, & Wahyudi, A. T. (2022). Pengaruh Perceptual Motor Program terhadap Keseimbangan pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 336-343. https://doi.org/10.5281/zenodo.6783284

Issue

Section

Articles