Analisis Faktor Psikologis Mahasiswa Program Studi PJKR dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5909130Keywords:
skripsi, stres, depresiAbstract
Skripsi merupakan salah satu tugas akhir yang harus di selesaikan oleh seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di jenjang Perguruan Tinggi. Faktor psikologis stres dan depresi merupakan aspek yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas dan efektivitas waktu penyusunan skripsi seorang mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor psikologis mahasiswa Program Studi PJKR Universitas PGRI Banyuwangi dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan instrument non tes yaitu angket. Sampel pada penelitian ini adalah para mahasiswa program skripsi dengan intensitas bimbingan dibawah rata-rata dengan jumlah 35 mahasiswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diatas diketahui bahwa untuk nilai persentase tertinggi tingkat stres mahasiswa adalah 43% pada kategori sedang dengan frekuensi 15 orang, sedangkan untuk nilai persentase tertinggi tingkat depresi mahasiswa adalah 37% pada kategori sedang dengan frekuensi 13 orang.
Downloads
References
A’yunin, Q. (2016). Dukungan Sosial Dalam Penyusunan Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Psikologi Yang Mengalami Problematika Dalam Penyusunan Skripsi). In Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Aslinawati, E., & Mintarti, S. (2017). Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus Di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Pendidikan Ekonomi, 10(1)
Aulia, S., & Pnjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan Psikologis Dan Tingkat Stres Pada Maahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2)
Dianovinina, K. (2018). Depresi Pada Remaja: Gejala Dan Permasalahannya. Psikogenesis, 6(1), 69–78
Fuzie, D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 40(1)
Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Terapi Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Episode Depresi Berat dengan Gejala Psikotik. Philantrophy Journal of Psychology, 1(1), 65–75
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press
Rismen, S. (2015). Analiis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi Di Prodi Pendidikan Matematika Stkip Pgri. Lemma, 1(2), 57–62
Rustiana, E., & Cahyati, W. (2012). Stres Kerja Dengan Pemilihan Strategi Coping. Kesmas-Jurnal Kesehatan Masyrakat, 7(2), 149–155
Saputri, K., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di Fip Unes Tahun 2019. Social Behavior and Personality, 4(1)
Sarlito, W. (2014). Pengntar Psikologi Umum. PT Raja Grafindo Persada
Sulistyorini, W., & Saabarisman, M. (2017). Depresi: Suatu Tinjauan Psikologis. Sosio Informa, 3(2), 153–164
Vrichasty, Y., Safari, I., & Susilawati, D. (2020). Tingkat Kecemasan Stres Dan Depresi Mahasiswa Terhadap Pengerjaan Skripsi Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Sportive, 5(3)
Wiyatmo, I., Mundilarto, Y., Suharyanto, & Widodo, E. (2010). Efektifitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi (Tas) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Prosiding, 405–414
Zakaria, D. (2017). atingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only