KONSEP GERAK DASAR UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Kadek Dian Vanagosi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.163

Keywords:

anak usia dini, gerak dasar

Abstract

Perkembangan anak usia dini sifatnya holistik, yaitu dapat berkembang optimal apabila sehat badannya, cukup gizinya dan diarahkan secara baik dan benar. Anak berkembang dari berbagai aspek yaitu aspek fisiknya, aspek kognitif, aspek sosial dan emosional. Perkembangan fisik merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini khususnya anak di Taman Kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Pada umumnya pembelajaran di SD untuk aspek perkembangan fisik sudah banyak dilakukan dengan menyesuaikan pada cabang olahraga tertentu. Akan tetapi seyogyanya latihan fisik pada anak usia dini masih harus memperhatikan gerak dasar yang sederhana. Gerak yang sederhana akan membuat anak gampang untuk memahami dan melaksanakan intruksi. Hal tersebut juga akan meminimalisir terjadinya cidera yang permanen pada anak. Dengan demikian perlu diketahui konsep gerak yang bisa dilakukan dan diberikan kepada anak usia dini. Konsep gerak yang menjadi pedoman dalam melakukan aktivitas dimulai dengan mengajarkan gerak dasar terlebih dahulu. Gerak dasar sangat penting sebagai pondasi gerak lanjutan dan gerak keterampilan bagi anak. Dengan penguasaan gerak dasar yang baik maka diharapkan anak siap untuk melakukan gerak yang lebih komplek. Gerak dasar dibagi menjadi tiga kategori yaitu Locomotor, Non locomotor, dan manipulatif. Apabila anak usia dini diberikan gerak ini, maka akan menjadi pondasi yang kuat untuk melanjutkan pada gerak yang lebih komplek pada cabang olahraga tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahman, Hibawa S., (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Suyanto, Slamet. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Dikti Depdiknas.

Thomas. Katherine T.. Lee. Amelia M..Thomas. Jerry R. (2000). Physical Education For Children: Dailly Lesson Plans for Elementary School-2nd ed. United Stated: Human Kinetic.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Depdiknas.

Published

2016-06-30 — Updated on 2020-04-23

Versions

How to Cite

Vanagosi, K. D. (2020). KONSEP GERAK DASAR UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 72-79. https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.163 (Original work published June 30, 2016)

Issue

Section

Articles