IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 4 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Made Sujana SMP Negeri 4 Abiansemal

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.159

Keywords:

Model pembelajaran kontekstual, aktivitas siswa, hasil belajar,, senam lantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar guling depan dan guling belakang senam lantai melalui implementasi model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 4 Abiansemal tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang melibatkan subyek sebanyak 36 orang siswa kelas VIII J semester satu SMP Negeri 4 Abiansemal tahun pelajaran 2013/2014 dengan guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII J SMP Negeri 4 Abiansemal yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasidan tes. Hasil data yang terkumpul dan dianalisis dan dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar senam lantai mengalami peningkatan sebesar 39 % dari data awalmenjadi menjadi 64 % pada siklus I dan meningkat 28% dari 64% siklus I menjadi 92% siklus II. Hal ini berdampak pada Ketuntasan hasil belajar senam lantai meningkat sebesar 33% dari 25% data awal menjadi 58% pada siklus I, dan meningkat 36% dari 58% siklus I menjadi 94% siklus II. Dengan kata lain telah terjadi Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 4 Abiansemal tahun pelajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT Bumi Aksara

Nurhadi,yasin,Burhan.dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang

Nurkencana dan Sunatana,1992. Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional

Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penelitian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press

Permendiknas. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasr dan Menegah. Jakarta Depdiknas

Published

2016-06-30

How to Cite

Sujana, I. M. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 4 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 35-43. https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.159

Issue

Section

Articles