PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VI SDN 17 DANGIN PURI DENPASAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.59672/jpkr.v2i1.156Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar, passing bola sepak bolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola sepak bola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SDN 17 Dangin Puri Denpasar Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 17 Dangin Puri yang jumlahnya 31 siswa yaitu 20 putra dan 11 putri. Data aktivitas dikumpulkan dengan lembar observasi dan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan asesmen passing bola sepak bola, kemudian dianalisis secara deskriptif. Tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa dapat dikatakan meningkat apabila diperoleh hasil secara klasikal pada siklus I yaitu 19,35% dengan kategori aktif dan pada siklus II menjadi 90,32% pada kategori sangat aktif. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II, meningkat sebesar 70,97% dengan demikian aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan berdasarkan data yang telah diperoleh. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar 12,90% sedangkan pada siklus II siswa mengalami ketuntasan sebesar 93,45%, dengan demikian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 80,55%. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan berdasarkan data yang telah diperoleh. Seperti hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola sepak bola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SDN 17 Dangin Puri Denpasar Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran ini dalam pembelajaran passing bola sepak bola karena telah terbukti secara empirik meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arifin, Mulyati.dkk, 2003. Stregi Belajar Mengajar Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi, 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian SMA Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Dimyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik Oemar, 2003. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Cetakan Ketiga. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
IKIP Negeri Denpasar, 2008. Pedoman Penulisan Skripsi/Tugas Akhir.
Published
How to Cite
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only