Implementasi Google Classroom saat Learning From Home pada Permainan Bola Besar di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Melaya
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5896688Keywords:
google classroom, learning from home, belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar permainan bola besar melalui penerapan google classroom saat learning from home pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 144 orang (laki-laki 71 orang dan perempuan 73 orang). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan komputerisasi. (1) Hasil rata-rata penilaian tugas sebesar 81,39 dan hasil rata-rata penilaian harian pada materi permainan bola besar sebesar 76,04, dan hasil rata-rata secara keseluruhan sebesar 78,72. (2) Hasil menunjukkan bahwa 22,2% menjawab sangat mudah dipahami, 75% menjawab mudah dipahami, dan 2,8% menjawab sangat sulit dipahami. (3) Hasil survei 13,2% menjawab sangat mudah dikerjakan, 83,3% menjawab mudah dikerjakan, dan 3,5% menjawab sangat sulit dikerjakan. (4) Hasil menunjukkan 28,5% menjawab sangat memuaskan, 69,4% menjawab memuaskan, dan 2,1% sangat kurang memuaskan. Jadi penggunaan google classroom saat learning from home sangat efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK dapat mengimplementasikan google classroom saat pandemi covid 19.
Downloads
References
Alfarisyi, M. K., & Mahardika, I. M. S. U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTS Salafiyah Al-Amin. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(10), 15-123. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/42627
Dianne, A. K. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3504
Fajar, H. (2020). Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dan Menengah maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan dalam Teknologi dan Inovasi), 1(1), 1-7. http://194.59.165.171/index.php/senopati/article/view/502
Irwanto, E., & Farhanto, G. (2021). Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid 19 : pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 264-269. https://doi.org/10.5281/zenodo.4896117
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190 -. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Maulana, F., Ningtyas, G. S., & Nugraheni, W. (2021). Survey Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Melalui Sistem Pembelajaran Daring. Jendela Olahraga, 6(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.26877/jo.v6i1.6252
Melyza, Apta & Aguss, Rachmi Masheilla. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of Physical Education. Vol 2, No ( 1), Hal 8-16. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanolahraga/article/view/950
Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid 19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125-2131. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1124
Mubarok, H., & Muhammad, H. N. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Pembelajaran dalam Jaringan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Antara Sistem Kredit Semester dan Reguler Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan. Jurnal Pendidika Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 211-215. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38081
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only