Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Metode Contoh dan Non-Contoh
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6716871Keywords:
pembembangan, pembelajaran, lompat jauh, contoh, non-contohAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan metode contoh dan non-contoh selama masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran lompat jauh melalui model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-5 SMP Negeri 1 Talang Kelapa Sumatera Selatan yang berjumlah 48 peserta didik dengan membagi 12 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 34 peserta didik pada uji coba kelompok besar. Uji Validitas ahli memberikan rekomendasi bahwa model yang dikembangkan sudah layak untuk diterapkan pada peserta didik. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan 46% peningkatan hasil belajar lompat jauh, sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapatkan 49% peningkatan hasil belajar lompat jauh dengan menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan metode contoh dan non-contoh. Berdasarkan hasil tersebut, maka model pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik.
Downloads
References
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education
Gani, R. A., Winarno, M. E., Aminudin, R., Dimyati, A., & Mahardika, D. B. (2020). Pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap keterampilan teknik grab start. Jurnal Keolahragaan, 8(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.31167
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Ngalimun, Fauzan, M., & Salabi, A. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. In Strategi dan Model Pembelajaran (Issue Yogyakarta : Aswaja Pressindo). Aswaja Pressindo. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1152879
Nurjannah, N., & Khatimah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 36–41. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.112
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Suryani, E., Ws, R., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7229
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan ke-4). In Jakarta: Prenadamedia Group (Vol. 2). Prenadamedia Group
Syarifah, H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, Vol.3(4), :54-64. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7541
Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 6(1), 94. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p94-106
Zainal, Z., & Maryam, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 2. https://doi.org/10.30743/MES.V5I2.2544
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Iyakrus, Ridwandani, Sri Sumarni, Wahyu Indra Bayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only