PELATIHAN AGILITY LADDER METODE ICKY SHUFFLE 4 REPETISI 3 SET TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN GERAK PESERTA EKSTRA KURIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI 2 DENPASAR TAHUN 2019

Authors

  • I Gede Agus Adi Saputra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v5i1.147

Keywords:

Pelatihan Agility Ladder, Metode Icky Shuffle, Kelincahan Gerak

Abstract

Berdasarkan observasi dan penelitian pendahuluan yang telah di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah perlu diadakan penelitian lebih lanjut maka didapatkan hasil bahwa peserta ekstra kurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kelincahan dalam teknik menghindar dan mengubah arah. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kelincahan pelatihan agility leader metode icky shuffle dan zig – zag run terhadap dua kelompok siswa putra yaitu, kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan experimental randomized pre-test dan post-test group design. Populasi diambil dari peserta ekstra kulikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar. Sampel berjumlah 24 orang diambil secara acak sederhana dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pelatihan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pelatihan agility leader metode icky shuffle 4 repetisi 3 set pada kelompok perlakuan dan pelatihan zig – zag run melewati 5 buah cone 2 repetisi 2 set pada kelompok kontrol, frekuensi pelatihan empat kali dalam seminggu selama enam minggu pada peserta ekstra kulikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar. Data berupa hasil kelincahan shuttle run 5 meter 8 kali yang diambil sebelum dan sesudah pelatihan. Data yang di peroleh diuji dengan menggunakan program t-test. Data berditribusi normal dan homogen sehingga selanjutnya diuji menggunakan t-paired untuk membandingkan nilai rata – rata sebelum dan sesudah pelatihan antara masing – masing kelompok. Hasil uji t-paired kelompok kontrol dan kelompok perlakuan terjadi peningkatan yang bermakna ( p<0,05 ). Hasil uji t-test independent di dapat bahwa kedua kelompok sebelum pelatihan tidak berbeda bermakna ( p>0,05 ), sedangkan setelah pelatihan kedua kelompok kelincahan ada perbedaan yang bermakna ( p<0,05 ). Simpulan bahwa pelatihan agility leader metode icky shuffle 4 repetisi 3 set dapat meningkatkan kelincahan. Untuk hasil post-test menunjukan bahwa adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dan menyatakan hipotesis nol ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ballesteros, J.M. 1990. Pedoman Dasar Melatih Atletik Program Pendidikan dan Sistem Sertifikat Pelatihan Atletik. PASI. Stadion Medha.

Bernadib. 1991. Metode Penentuan Subyek Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.

Dantes Nyoman. 2012. Variasi Penelitian dan Perumusan Hipotesis. Singaraja: FKIP Unud.

Engkos Kosasih. 1995. Olahraga, Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademika Pressindo.

Nala. 2002. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga, Denpasar : Udayana University Press.

Nala, Ngurah. 2011. Kesegaran Jasmani. Denpasar: Yayasan Ilmu Faal Widya Laksana.

Nala. 2015. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga, Denpasar : Udayana University Press.

Poccock, S.J 2008. Clinical trial, A Pratical Approach, cichestes, New York : john Wiley dan Sons

Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Baku Pustaka.

Published

2019-01-31

How to Cite

Saputra, I. G. A. A. (2019). PELATIHAN AGILITY LADDER METODE ICKY SHUFFLE 4 REPETISI 3 SET TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN GERAK PESERTA EKSTRA KURIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI 2 DENPASAR TAHUN 2019. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(1), 12-17. https://doi.org/10.59672/jpkr.v5i1.147