PENGARUH PEMBERIAN MASASE PARTIAL SEBAGAI TAMBAHAN PEMANASAN TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN

Authors

  • KA. Tri Widhiyanti Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • N.W. Ariawati Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • N.W. Ary Rusitayanti Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

Keywords:

masase partial, pemanasan, kekuatan otot lengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian masase partial sebagai tambahan pemanasan terhadap kekuatan otot lengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan desain posttest-only control-group design. Subjek sampel yang digunakan adalah Tim Bola Voli Putra IKIP PGRI BALI yang terdiri dari 15 orang kelompok kontrol dan 15 orang kelompok eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di Lapangan Lumintang Denpasar. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai untuk kelompok kontrol (M) 213,45 (S12) 177,42, (S) 13,32 dan kelompok eksperimen (M) 234,64, (S22) 239,01, (S) 15,46. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji beda dua rata-rata (uji-t independent) yang didapatkan nilai t = 2,656, t kritis untuk derajat kebebasan n1+ n2– 2 = 28 dan α = 0,05 adalah 2,131. Oleh karena t hitung lebih besar dari t kritis (2,662 > 2,131), H0ditolak dan H1diterima. Jadi  disimpulkan bahwa ada perbedaan kekuatan antara kelompok kontrol yang diberi stretching dengan kelompok eksperimen yang diberi masasepartial. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh dari pemberian masase lokal sebagai tambahan pemanasan yang dapat meningkatkan kekuatan otot lengan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriwardi. 2002. Ilmu Kedokteran Olahraga. Jakarta : Buku Kedokteran ECG.

Dirgantoro, Edwin Wahyu. 2006. Pengaruh Masase Olahraga terhadap Suhu Tubuh. Surabaya.

Hidayat, Iwan Nur Mustofa. 2009. Pengaruh Pemberian Effleurage dan Petrissage Sebagai Tambahan Pemanasan Terhadap Kekuatan Otot Tungkai.
Jurnal (Online),(http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/pengaruh-pemberian-effleurage-dan-petrissage-sebagai-tambahan-
pemanasan-terhadap-kekuatan-otot-tungkai-iwan-nur-mustofa-hidayat-40118.html, diakses pada 24 April 2018).

Sifaq, Aghus. 2009. Perbandingan Antara Peregangan Pasif, Peregangan Aktif dan Masase Lokal terhadap Waktu Tempuh Renang Gaya Crawl 50 Meter. Surabaya.

Published

2018-06-05

How to Cite

Widhiyanti, K. T., Ariawati, N., & Rusitayanti, N. A. (2018). PENGARUH PEMBERIAN MASASE PARTIAL SEBAGAI TAMBAHAN PEMANASAN TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(2), 82-87. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/144

Issue

Section

Articles