Evaluasi Program Pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 secara Daring saat Pandemi Covid-19 pada SMP Negeri se-Kecamatan Kuta Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5813929Keywords:
evaluasi, program pembelajaran PJOK, daringAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 secara daring pada SMP Negeri se-Kecamatan Kuta tahun 2021 dengan model CIPP. Penelitian ini tergolong penelitian evaluasi. kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Metode penelitian menggunakan desain kualitatif diskriftif dengan pendekatan fenomenologik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri se-Kecamatan Kuta tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2606 orang, 3 kepala sekolah dan 9 guru PJOK. Penentuan sampel peserta didik menggunakan teknik simple random sampling didapatkan 300 orang, kepala sekolah dan guru PJOK 12 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner CIPP secara daring. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kesimpulan : 1) nilai aspek konteks peserta didik, guru dan kepala sekolah tergolong baik, 2) nilai aspek input peserta didik tergolong baik, guru dan kepala sekolah baik, 3) nilai aspek proses peserta didik tergolong baik, guru dan kepala sekolah baik, dan 4) nilai aspek produk peserta didik tergolong tinggi, guru dan kepala sekolah tergolong tinggi dan rekomendasi penelitian ini, kepala sekolah perlu meninjau dan memformulasikan visi dan misi secara berkala berdasarkan perkembangan pendidikan, guru harus mengarahkan siswa dalam menggali pengetahuan yang lebih tinggi.
Downloads
References
Adam, M. W. S. (2018). Evaluasi Program Kelompok Kerja Guru ( Kkg) Di Gugus Vi Dukuh Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor
Allagui, B. (2015). Writing through WhatsApp: an evaluation of students writing performance. International Journal of Mobile Learning and Organisation
Armawati, S. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas 1 Sekolah Dasar Pelita Bangsa. Bandar Lampung
Bensalem, E. (2018). The Impact of WhatsApp on EFL students’ Vocabulary Learning. Arab World English Journal, 9(1), 23–38. https://doi.org/10.24093/awej/vol9no1.2
Fathoni, A. F. (2017). Analisis Program PJOK Berdasarkan Pendekatan Goal-Oriented Evaluation Model. Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM, 12–23
Fuadi, A. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Teaching Factory Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 113. https://doi.org/10.21009/pip.302.6
Hayati, E. (2016). Evaluasi Model Cipp Terhadap Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp) Kimia Kota Padang Tahun Pelajaran 2008/2009. Ta’dib, 13(2). https://doi.org/10.31958/jt.v13i2.182
Israwati. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas Awal SD Negeri 24 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 19(2), 87–92
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 118
Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (Cipp): Model Evaluasi Layanan Informasi. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konselling, 1(1), 342–347
Pradana, D. (2017). evaluasi Pelaksanaan Program Peningkatan Keterampilan Bola Voli Di SMPN 16 Malang Dengan Pendekatan Descrepanci Evaluation Madel. Pendidikan Pasca Sarjana UM, 276–283
Purnawan, M. W., Santiyadnya, N., & Sutaya, W. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Gambar Teknik Kelas Xi Titl Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20229
Sadikun. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Otentik Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Negeri 2 Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas (Vol. 8). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. ALFABETA
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only