PELAKSANAAN MODEL PERIKSA SENDIRI SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS VA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD NEGERI 2 SESETAN

Authors

  • Ni Nyoman Senin Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v4i2.136

Keywords:

model periksa sendiri, hasil belajar

Abstract

Kemajuan dunia pendidikan khususnya peningkatan hasil belajar yang diupayakan lewat penelitian tindakan kelas ini.Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes siswa Kelas VA Semester II tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Sesetan dengan pelaksanaan model periksa sendiri sebagai strategi.Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 43 orang siswa Kelas VA Semester IItahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Sesetan.Setelah data dikumpulkan lewat instrumen tes hasil belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh data awal dengan rata-rata 71,81 dengan ketuntasan belajar 46,51%. Data ini meningkat pada siklus I menjadi 74,86 dengan ketuntasan belajar 69,77% dan pada silkus II data itu meningkat menjadi 80,09 dengan ketuntasan belajar 100,00%. Pada siklus ke II telah diperoleh data sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian dengan perolehan nilai rata-rata melebihi KKM mata pelajaran Penjasorkes. Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini dicukupkan sampai pelaksanaan siklus II mengingat keberhasilan yang dicapai sudah sesuai harapan, pelaksanaan proses belajar mengajar sudah maksimal dapat dilaksanakan, inovasi sudah giat dilakukan, bimbingan bagi siswa yang penyerapan keilmuannya masih rendah juga telah mampu diperbaiki. Data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan sudah dapat dibuktikan keberhasilannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, 2009. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Menusia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana S, 2005. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Tim Redaksi Fokus Media. 2006. Himpunan Perundang-Undangan dan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bandung: Focus Media.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media : Jakarta.

Published

2018-06-05

How to Cite

Senin, N. N. (2018). PELAKSANAAN MODEL PERIKSA SENDIRI SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS VA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD NEGERI 2 SESETAN. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(2), 27-37. https://doi.org/10.59672/jpkr.v4i2.136

Issue

Section

Articles