PELATIHAN LARI BERBENTUK V DENGAN JARAK 5 METER 8 REPETISI 4 SET UNTUK MENINGKATKAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRA KURIKULER SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMP NEGERI 1 KEDIRI

Authors

  • I.K. Susanta Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • I.W. Citrawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali
  • I.P.E. Kresnayadi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/jpkr.v4i1.131

Keywords:

pelatihan, lari v, kelincahan

Abstract

Berdasarkan observasi dan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah perlu diadakan penelitian lebih lanjut, maka di dapatkan hasil bahwa peserta ekstra kurikuler sepak bola SMP  Negeri 1 Kediri Tabanan tahun pelajaran 2017/2018 memerlukan pelatihan kelincahan. Penelitian ini menggunakan rancangan experimental randomized pre-tes and post-tes groups design. Populasi diambil dari peserta ekstra sepak bola SMP SMP  Negeri 1 Kediri Tabanan tahun pelajaran 2017/2018. Sampel berjumlah 24 orang diambil secara Oridinal Pairing dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik Oridial pairing yang masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang. Pelatihan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pelatihan Lari berbentuk V dengan jarak 5 meter 8 repetisi 4 set  pada kelompok perlakuan dan Lari Zig- Zag 8 repetisi 4 set pada kelompok kontrol. Data berupa hasil tes diperoleh dengan mengukur  Kelincahan sampel dan diperolehlah data .Data yang diperboleh berupa angka yang diambil sebelum dan sesudah pelatihan. Data yang diperoleh diuji menggunakan format T-test. Data berdistribusi normal dan homogen sehingga selanjutnya diuji menggunakan format t test untuk membandingkan nilai rata-rata sebelum dan sesudah pelatihan antara masing-masing kelompok, sedangkan ujit- t test untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelompok. Berdasarkan analisis data bahwa kelompok control di hitung  nilai t nya 10,68 sedangkan nilai t table sebesar = 2,201  dengan taraf singnifikan 5 % dan db= 11 dan pada kelompok perlakuan nilai t di hitung 13,951 sedangkan nilai t table sebesar = 2,201  dengan taraf singnifikan 5 %dan db =11. Dan perbedaan keompok control dan kelompok perlakuan di peroleh nilai t 3,4467 sedangkan nilai t table sebesar = 2,074  dengan taraf singnifikan 5 % dan db = 22. Berdasarkan kesimpulannya bahwa pelatihan Pelatihan Lari berbentuk V dengan jarak 5 meter 8 repetisi 4 set meningkatkan Kelincahan. Untuk hasil post test kedua kelompok ada perbedaan yang signifikan dan hipotesis nol ditolak. Dari hasil rerata dan Pelatihan Lari berbentuk V dengan jarak 5 meter 8 repetisi 4 set dalam meningkatkan Kelincahan peserta ekstra kurikuler sepak bola SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nala, I Gusti Ngurah. 2015. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana University Press

Burhanuddin, Afid. 2013. Data dan Variabel Penelitian, available from : https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/data-dan-variabel-penelitian/, accesedtanggal 12 Februari 2018

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Anwar, M.I. 2003. Dasar – Dasar Statistik, Bandung : Alfabeta

Nurhasono. 2006. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : DirektoratJendralOlahraga

Pearce, Evelyn C. 2014. Anatomy and Physiology for Nurses. Jakarta: CV Prima Grafika.

Published

2018-01-08

How to Cite

Susanta, I., Citrawan, I., & Kresnayadi, I. (2018). PELATIHAN LARI BERBENTUK V DENGAN JARAK 5 METER 8 REPETISI 4 SET UNTUK MENINGKATKAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRA KURIKULER SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMP NEGERI 1 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(1), 39-42. https://doi.org/10.59672/jpkr.v4i1.131