Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VIII di SMPK 2 Harapan Untal-Untal, Dalung Kuta Utara, Badung

Authors

  • Geronsius Litem Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Gde Widiantari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gst Ngr Agung Cahya Prananta Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Citrawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Kadek Suryadi Artawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5881371

Keywords:

hasil belajar, olahraga dan kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan siswa kelas VIII SMPK 2 Harapan, Untal –Untal, dalung, Kuta Utara,Badung. Dalam penelitian ini ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yakni faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor internal), faktor yang datang dari luar (faktor eksternal) dan faktor dari pendekatan belajar dari siswa itu sendiri. Populasi penelitian ini adalah 350 orang siswa kelas VIII SMPK 2 Harapan, Untal –Untal, dalung, Kuta Utara. Studi analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan teknik angket dengan sampel dipilih secara acak yang berjumlah 52 orang siswa. Analisis statistik yang digunakan adalah rumus rerata (mean). Hasil analisis mean terdapat perbandingan antara faktor internal yang sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,6, faktor eksternal yang juga sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,6, dan faktor pendekatan belajar (approach to learning) dengan rerata 3,5 yang kadang-kadang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sering mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan faktor pendekatan belajar kadang-kadang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumu Aksara

Dimiyanti, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Slameto. (2010). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : CV. Rajawali

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Persada

Suryabrata, (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda

Tajudin. (2010). Analisis Pembinaan Atlit. Bengkulu : Universitas Bengkulu

Published

2022-01-28

How to Cite

Litem, G., Widiantari, N. L. G., Prananta, I. G. N. A. C., Laksana, A. A. N. P., Citrawan, I. W., & Artawan, I. K. S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VIII di SMPK 2 Harapan Untal-Untal, Dalung Kuta Utara, Badung. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 153-161. https://doi.org/10.5281/zenodo.5881371