Kemampuan Sepak Sila dalam Sepak Takraw pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5860701Keywords:
kemampuan, sepak sila, sepak takrawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan “Bagaimanakah Kemampuan Sepak Sila Dalam Sepak Takraw Pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 6 informan yang terdiri dari 5 siswa kelas X MIPA-4 dan 1 informan guru penjaskes kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini pengamatan dan perhitungan langsung, data skunder yang digunakan yaitu data wawancara dan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yaitu analisis data model interaktif yang melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya kemampuan siswa dalam gerak dasar sepak sila yaitu kurang maksimal (cukup). Dari data observasi ditemukan siswa dengan kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 23 siswa (63%), kategori cukup sebanyak 11 siswa (13%), kategori kurang sebanyak 0 siswa (0%). Hasil data wawancara menunjukan adanya faktor penghambat suatu proses pembelajaran mengakibatkan kemampuan gerak dasar sepak sila belum maksimal (cukup). Hasil data Kuesioner menunjukan data persentase dengan kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 34 siswa (100%), kategori cukup sebanyak 20 siswa (0%), kategori kurang sebanyak 0 siswa (0%).
Downloads
References
Aditya, D. (2009). Penelitian Deskriptif.(hhtp://adityasetyawan.files. wordpress.com/2009/10/penelitian-deskriptif.pdf)
Armelia, P. (2009). Bermain Sepak Takraw, PT. Aneka Ilmu : Semarang
Asepta, Y. P. (2008). Bermain dan olahraga Sepak Sila. Surabaya : Insan Cendeki
Fagar. (2006). Psikologi Remaja. PT. Gramedia : Bandung
Hanif, A. S. (2017). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Yanuar, I. (2010). Kemampuan motorik siswa kelas Atas. Skripsi : Yogyakarta FIK UNY
Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press
Nala, I. G. N. (2011). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar : Udayana University Pres
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo : Cakra Books
Suyanta. (2015). Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bagi Peserta Putra Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SD Muhammadiyah Degan Kabupaten Kulon Progo
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial , Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali : Nilacakra
Sriyanto. (2010). Pengertian Kemampuan. http://ian43.wordpress.com/2010/12/23
Samsudin. (2007). Metode Penelitian Ilmiah dan Penggunaan Rumus-Rumus Statistik. Surabaya : Usaha Nasional
ukintaka. (2010). Teori Bernain untuk PGSD. Jakarta : Dikdasmen
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only