Kemampuan Sepak Sila dalam Sepak Takraw pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal

Authors

  • Made Kusuma Wijaya Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Adnyana Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Gde Widiantari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Kadek Dian Vanagosi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Putu Eri Kresnayadi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5860701

Keywords:

kemampuan, sepak sila, sepak takraw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan “Bagaimanakah Kemampuan Sepak Sila Dalam Sepak Takraw Pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 6 informan yang terdiri dari 5 siswa kelas X MIPA-4 dan 1 informan guru penjaskes kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal.  Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini pengamatan dan perhitungan langsung, data skunder yang digunakan yaitu data wawancara dan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yaitu analisis data model interaktif yang melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya kemampuan siswa dalam gerak dasar sepak sila yaitu kurang maksimal (cukup). Dari data observasi ditemukan siswa dengan kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 23 siswa (63%), kategori cukup sebanyak 11 siswa (13%), kategori kurang sebanyak 0 siswa (0%). Hasil data wawancara menunjukan adanya faktor penghambat suatu proses pembelajaran mengakibatkan kemampuan gerak dasar sepak sila belum maksimal (cukup). Hasil data Kuesioner menunjukan data persentase dengan kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 34 siswa (100%), kategori cukup sebanyak 20 siswa (0%), kategori kurang sebanyak 0 siswa (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. (2009). Penelitian Deskriptif.(hhtp://adityasetyawan.files. wordpress.com/2009/10/penelitian-deskriptif.pdf)

Armelia, P. (2009). Bermain Sepak Takraw, PT. Aneka Ilmu : Semarang

Asepta, Y. P. (2008). Bermain dan olahraga Sepak Sila. Surabaya : Insan Cendeki

Fagar. (2006). Psikologi Remaja. PT. Gramedia : Bandung

Hanif, A. S. (2017). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Yanuar, I. (2010). Kemampuan motorik siswa kelas Atas. Skripsi : Yogyakarta FIK UNY

Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press

Nala, I. G. N. (2011). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar : Udayana University Pres

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo : Cakra Books

Suyanta. (2015). Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bagi Peserta Putra Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SD Muhammadiyah Degan Kabupaten Kulon Progo

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial , Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali : Nilacakra

Sriyanto. (2010). Pengertian Kemampuan. http://ian43.wordpress.com/2010/12/23

Samsudin. (2007). Metode Penelitian Ilmiah dan Penggunaan Rumus-Rumus Statistik. Surabaya : Usaha Nasional

ukintaka. (2010). Teori Bernain untuk PGSD. Jakarta : Dikdasmen

Published

2022-01-28

How to Cite

Wijaya, M. K., Laksana, A. A. N. P., Adnyana, I. W., Widiantari, N. L. G., Vanagosi, K. D., & Kresnayadi, I. P. E. (2022). Kemampuan Sepak Sila dalam Sepak Takraw pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 2 Abiansemal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 134-145. https://doi.org/10.5281/zenodo.5860701